Aset Kota Jayapura Akan Disensus Usai Lebaran

share on:
pemeriksaan fisik Kendaraan oleh BPK RI perwakilan Papua bersama BPKAD Pemkot Jayapura-Jubi/Sindung
pemeriksaan fisik Kendaraan oleh BPK RI perwakilan Papua bersama BPKAD Pemkot Jayapura-Jubi/Sindung

Jayapura, Jubi – Pemerintah Kota Jayapura memastikan pelaksanaan sensus asset akan dilakukan setelah Idulfitri 1436 H /2015 M.

“Ya kita pastikan akan kita mulai usai lebaran,” ujar Adolf Siahay, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Asset Kota Jayapura kepada Jubi di gedung rakyat, Selasa (14/7/2015)

Pendataan atau inventarisir asset atau sensus sebuah kepentingan dasar dan pokok terkait asset yang ada, dimana sejak lima tahun yang lalu tentunya akan banyak berubah. “Sehingga asset yang ada rusak, menyusut, posisi barang tersebut dan lain sebagainya sehingga dengan adanya sensus ini kita inventarisir kembali, mau dihapus atau tidak,” kata Siahay.

Selain itu kepemilikan asset pemerintah kota jayapura akan ikut ditertibkan seperti sertifikat , dokumen, BPKB dan lain sebagainya.”Ini upaya penting kita untuk mengclear-kan asset di jajaran pemerintah Kota Jayapura,” ujarnya.

Meski hal ini akan memakan waktu yang cukup lama akan tetapi dirinya bertekad dan memasang target selama tiga bulan sebelum pelaksanaan pelaporan keuangan tahun 2015 terbit, hal ini diharapkan selesai. “Ini harus tim yang akan lakukan penertiban asset dan pak Sekda yang jadi ketua tim tersebut,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Inspektorat Kota Jayapura, Achmad Idrus mengatakan, untuk laporan keuangan Kota Jayapura tahun anggaran 2013, BPK memberi catatan tentang aset dan piutang.

Pihaknya telah mengambil langkah-langkah untuk menindaklanjuti catatan tersebut. “Yang harus dilakukan adalah sensus barang dan jasa yang direncanakan tahun ini, yang akan dilaksanakan oleh BPKAD. Piutang dari pajak dan retribusi yang pencatatannya perlu diklarifikasi lagi antara laporan yang ada di BPKAD maupun yang ada di Dispenda sebagai koordinator kolektor pendapatan daerah,” ujar Idrus. (Sindung Sukoco)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Aset Kota Jayapura Akan Disensus Usai Lebaran