BMC Siap Bantu Tiga Kabupaten Yang Dilanda Hujan Es

share on:
Direktur Baliem Mision Center (BMC), Jhon Wempi Wetipo - Jubi/Alex
Direktur Baliem Mision Center (BMC), Jhon Wempi Wetipo – Jubi/Alex

Wamena, Jubi – Direktur Baliem Mision Center (BMC), Jhon Wempi Wetipo mengaku pihaknya siap menyalurkan bantuan ke tiga kabupaten di wilayah pegunungan tengah Papua yang terkena hujan es.

“Minggu depan kami rencana menyalurkan bantuan ke tiga distrik, baik yang ada di Kabupaten Lanny Jaya, Puncak dan Nduga,” kata Jhon Wempi Wetipo kepada wartawan, di Wamena, Papua, Rabu (15/7/2017).

Ia katakan, bantuan akan langsung diantarkan pihaknya ke masyarakat yang dilanda hujan es, dengan melibatkan penerbangan MAD dan Helivida.

“Saat ini dua penerbangan ini masih libur karena ada kegiatan. Mereka rencana akan kembali beroperasi pada Rabu (22/7/2015). Kami harapkan bantuan ini bisa segera mungkin diserahkan dan bantuan ini bukan dari Pemerintah Kabupaten Jayawijaya,” ucapnya.

Ia jelaskan, jika daya muat pesawat cukup, maka BMC akan serahkan bantuan beras sekitar 5 ton, kalau tidak 3 ton ditambah dengan makanan lain seperti mie instan, minyak goreng dan lainnya. “Semuanya akan dibelanjakan di Wamena, lalu dikirim ke titik sasaran supaya bisa langsung digunakan,” tambahnya.

Selain memberikan bantuan bahan makanan, pihak BMS juga akan turunkan tenaga dokter dan perawat untuk membantu masyarakat yang sakit akibat diare dan penyakit lainnya. Apalagi di tiga distrik yang ada di Lanny Jaya akan terjadi kemarau panjang akibat hujan es.

“Kejadian kali ini lebih parah dibanding tahun-tahun sebelumnya, sehingga kami mengambil peran untuk melakukan bantuan kemanusiaan kepada saudara-saudara kita yang ada disana. Kalau mereka masih membutuhkan, kami siap ada disana,” kata Wetipo.

Sebelumnya, Sedikitnya 11 orang dikabarkan meninggal dunia di Kabupaten Lanny Jaya, Papua karena hujan es yang mengakibatkan timbulnya bencana kelaparan dan wabah diare.

Kabid Humas Polda Papua, Komisaris Besar (Pol) Patrige Renawarin mengatakan, laporan yang diterima pihaknya menyebut, hujan es melanda tiga distrik yakni Kuyawage (delapan kampung), Goa Baliem (tujuh kampung), dan Wanobarak (11 kampung).

“Kejadian itu pada 3 dan 5 Juli 2015, dan baru dilaporkan pada 14 Juli 2015. Informasi yang kami terima 11 orang meninggal dunia di Distrik Wanobarak, karena diare dan kelaparan. Akibat dari hujan es itu bahan makanan masyarakat makin menipis, sehingga terjadi kelaparan, juga timbul penyakit diare,” kata Kombes (Pol) Patrige, Selasa (14/7/2015). (Alexander Loen)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  BMC Siap Bantu Tiga Kabupaten Yang Dilanda Hujan Es