Dinas PU Hentikan Buka Tutup Jalan

share on:

Palu, Jubi/Antara – Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Sulawesi Tengah telah memerintahkan para kontraktor pelaksana proyek peningkatan jalan untuk menghentikan buka-tutup jalan demi menjamin kelancaran arus mudik lebaran.

Kepala Dinas PU Bina Marga Sulawesi Tengah Syaifullah Djafar mengemukakan di Palu, Rabu (15/7/2015), penghentian buka-tutup jalan itu dimulai pada H-5 sampai H+7 Lebaran.

Dengan dihentikannya buka-tutup jalan demi kelancaran pekerjaan proyek itu, maka armada angkutan lebaran bisa menjadwalkan dengan baik waktu berangkat dan tiba di tempat tujuan.

Menurut dia, ada beberapa titik proyek peningkatan jalan nasional di Sulawesi Tengah yang melakukan buka-tutup jalan agar kendaraan berat bisa leluasa melaksanakan pekerjaan seperti di poros Poso-Tentena dan Ampana-Pagimana.

Kontraktor proyek itu membuka jalan pada pukul 00.00-08.00 WITA, lalu menutupnya pada pukul 08.00-12.00. Jalan dibuka lagi pada pukul 12.00-14.00 dan ditutup pukul 14.00-18.00, lalu dibuka dua jam kemudian, namun ditutup lagi pada pukul 20.00-24.00.

Dengan kebijakan itu, armada angkutan umum kadang kala terhambat berjam-jam di lokasi proyek saat jalan sedang ditutup, sehingga armada angkutan harus mengatur kembali jadwal keberangkatan mereka.

“Dengan dihentikannya sementara kebijakan buka-tutup jalan tersebut, maka pengusaha angkutan bisa menjadwalkan kembali secara normal keberangkatan mereka,” ujarnya.

Selain menghentikan sementara jadwal buka tutup jalan, Dinas PU juga membentuk posko khusus lebaran di titik-titik rawan dengan menyiagakan alat-alat berat berikut personel dan perlengkapan komunikasi yang siap bergerak setiap saat bila ada gangguan jalan raya atau jembatan.

“Kami berusaha semaksimal mungkin agar arus lalulintas di semua jalan di Sulawesi Tengah terjamin kelancarannya selama angkutan mudik dan balik lebaran,” ujarnya.

Sampai saat ini, kata Syaifullah, belum ada laporan adanya kerusakan jalan selama musim angkutan lebaran, apalagi cuaca di sebagian besar wilayah Sulteng cukup bersahabat karena curah hujan relatif normal. (*)

Editor : Victor Mambor
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Dinas PU Hentikan Buka Tutup Jalan