Kemenag Biak: Idul Fitri Tunggu Sidang Isbat

share on:

Biak, Jubi/Antara – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Biak Numfor, Papua masih menunggu keputusan sidang Isbat 16 Juli 2015 untuk menetapkan waktu Idul Fitri 1 Syawal 1435 H.

“Pemerintah secara resmi melalui Menteri Agama akan mengumumkan 1 Syawal 1436 setelah mendengarkan laporan Kemenag kabupaten/kota tentang posisi hilal,” ujar Kakanmenag Biak Asden Naiborhu di Biak, Rabu (15/7/2015).

Ia mengakui, tim Hisab Rukyat Kemenag Biak akan melakukan pengamatan Hilal di bukit Kampung Kanaan distrik Biak Barat untuk dilaporkan pada sidang isbat 16 Juni di Jakarta.

Kepada kaum muslim di Biak, menurut Asden, yang akan menyambut Idul Fitri 1436 H diminta tetap mengutamakan keputusan pemerintah untuk penentuan 1 Syawal.

“Hasil pengamatan hilal tim hisab rukyat dilakukan tim Kemenag Biak akan menjadi laporan sidang isbat di Kementerian Agama Republik Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, pimpinan daerah ormas Muhammadiyah Kabupaten Biak Numfor telah menetapkan Idul Fitri 1 Syawala 1435 H jatuh pada hari Jumat, 17 Juli.

“Berdasarkan keputusan pengurus pusat Muhammadiyah pentapan 1 Syawal pada hari Jumat, karena itu warga Muhammadiyah Biak akan berlebaran pada Jumat 17 Juli 2015,” ujar Pimpinan Daerah Muhammadiyah Biak Kamaruddin.

Hingga H-2 lebaran aktivitas warga Biak sekitarnya berjalan kondusif karena berbagai pelayanan publik tetap beroperasi lancar. (*)

Editor :
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kemenag Biak: Idul Fitri Tunggu Sidang Isbat