Arus Balik Pemudik Motor Ramai Lintasi Jalinsum

share on:

Bandarlampung, Jubi/Antara – Arus balik pemudik Lebaran 2015 makin ramai melintas di Jalinsum Lampung pada Senin (20/7/2015) pagi, yang didominasi kendaraan roda dua, sedang puncak arus balik dari Sumatera ke Jawa melalui pelabuhan penyeberangan di Bakauheni Lampung diperkirakan terjadi pada Sabtu dan Minggu (26/7).

Di sejumlah titik Jalinsum ruas Panjang-Rajabasa Bandarlampung, Senin pagi, kendaraan pemudik yang hendak pulang ke Jawa tetap sarat muatan dan penumpang.

Pemudik motor memilih berangkat pagi hari untuk menghindari terik Matahari dan cuaca panas. Pemudik yang menggunakan kendaraan roda empat umumnya memilih berangkat malam hari untuk menghindari kemacetan.

Pemudik motor dalam arus balik juga berkonvoi agar mereka lebih aman di dalam perjalanan. Namun, jumlah motor yang berkonvoi tidak begitu banyak, hanya berkisar 5-10 kendaraan dalam satu konvoi.

Sementara itu, PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni menyebutkan jumlah penumpang arus balik mulai H+1 dan H+2 (18-19/7) mencapai 79.343 orang, sedangkan jumlah kendaraan yang diseberangkan mencapai 16.885 unit.

Jumlah penumpang yang mudik dari Jawa ke Sumatera(H-9 sampai Lebaran) dengan menggunakan jasa penyeberangan Pelabuhan Merak dan Bakauheni mencapai 708.535 orang. Dengan demikian, baru 11 persen pemudik yang sudah balik dari Sumatera ke Jawa hingga H+2 atau dua hari setelah Lebaran (19/7).

Jumlah sepeda motor yang diseberangkan dari Bakauheni ke Merak Banten pada H+1 dan H+2 mencapai 8.238 kendaraan, yang belum balik sekitar 58.984 unit. Jumlah kendaraan roda empat yang sudah balik mencapai 8.200 unit, yang belum 62.296 unit. (*)

Editor : Victor Mambor
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Arus Balik Pemudik Motor Ramai Lintasi Jalinsum