Polair Ditugasi Awasi Pulau Mansinam dan Lemon

share on:

Manokwari, Jubi/Antara – Kepala Kepolisian Daerah Provinsi Papua Barat Brigjen Paulus Waterpauw menempatkan personil satuan polisi air di Pulau Mansinam dan Pulau Lemon Kabupaten Manokwari guna mengawasi perairan dua pulau itu.

“Kepolisian banyak menerima pengaduan masyarakat bahwa perairan dua pulau itu menjadi sasaran nelayan yang menangkap ikan dengan cara ilegal menggunakan bahan peledak,” kata Kapolda Paulus Waterpauw di Manokwari, Senin (20/7/2015).

Satuan Polisi Air Polda Papua Barat di bantu Polres Manokwari akan membangun pos dan menugaskan personil secara bergilir di Pulau Mansinama dan Pulau Lemon guna melakukan pengawasan perairan daerah itu.

Selain itu, katanya, Satuan Polisi Air Polda Papua Barat dan Polres Manokwari juga akan meningkatkan patroli di perairan Manokwari guna mencegah nelayan menangkap ikan dengan cara ilegal menggunakan bahan peledak.

Kapolda menegaskan nelayan yang kedapatan menangkap ikan dengan menggunakan bahan peledak di perairan Provinsi Papua Barat akan diproses hukum.

Dikatakan penangkapan ikan dengan menggunakan bahan peledak merusak terumbu karang dan ekositem laut lainnya serta ikan hasil tangkapan menggunakan bahan peledak membahayakan konsumen.

Dua pekan lalu Satuan Polisi Air menangkap salah seorang nelayan setempat yang kedapatan menangkap ikan dengan cara ilegal menggunakan bahan peledak di perairan Kabupaten Manokwari.

“Pelaku sudah ditahan di Polres Manokwari untuk menjalani pemeriksaan oleh penyidik guna proses hukum lebih lanjut mempertanggungjawabkan perbuatannya,”ujarnya.

Oleh karena itu, tambah dia, diharapkan kepada seluruh nelayan yang ada di Manokwari maupun Provinsi Papua Barat agar menghentikan penangkapan ikan dengan menggunakan bahan peledak. (*)

Editor :
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Polair Ditugasi Awasi Pulau Mansinam dan Lemon