Wagub Bali Ingatkan Masyarakat Pertahankan Solidaritas

share on:

Badung, Jubi/Antara – Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta mengingatkan masyarakat di daerah itu agar dapat mempertahankan rasa solidaritas dan menyatukan hati, terutama dalam melaksanakan ritual keagamaan.

“Masyarakat tidak perlu melakukan yadnya (persembahan) dengan jor-joran, tetapi yang terpenting harus didasari ketulusikhlasan sehingga semuanya bisa melaksanakan yadnya tanpa persaingan,” kata Sudikerta saat menghadiri ritual “Melaspas dan Mendem Pedagingan” di Pura Pesucian Kahyangan Tiga-Pura Taman Beji, di Mengwitani, Badung, Selasa (21/7/2015).

Menurut dia, dengan masyarakat dapat menyatukan hati dan pikiran serta mempertahankan solidaritas, diharapkan dari ritual yang dilaksanakan dapat memberikan “kasukertan” atau kesejahteraan bagi masyarakat dan lingkungan.

“Kami menyampaikan apresiasi atas usaha ‘krama’ atau warga desa yang sudah maksimal dalam pembangunan pura sekaligus melaksanakan upacara besar seperti ini,” ujar Sudikerta.

Sementara itu Ketua Panitia I Putu Wendra menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian dan dukungan dari Pemprov Bali.

Wendra mengemukakan bahwa pembangunan Pura Taman Beji ini dikarenakan, tempat suci atau “pelinggih” terdahulu sering terkena bencana alam seperti banjir dan angin kencang, serta banyaknya pemasangan-pemasangan baliho yang lebih tinggi dari bangunan tempat suci.

Selain itu, tempat “ngelinggihang” atau menaruh benda-benda sakral simbol para dewa sudah sangat penuh, sehingga pembangunan “pelinggih” ini sangat diusahakan oleh pengurus (prajuru) desa, dengan mengajukan proposal kepada Pemerintah Kabupaten Badung dan Provinsi Bali.

Pihaknya berharap dengan pembangunan itu selanjutnya tidak akan ada lagi bencana yang menimpa serta kesejahteraan masyarakat dapat tercapai.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut Staf Ahli Gubernur Bali bidang Kemasyarakatan Nyoman Sujaya, Ketua DPRD Kabupaten Badung Nyoman Giri Prasta, serta undangan lainnya. (*)

Editor : Victor Mambor
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Wagub Bali Ingatkan Masyarakat Pertahankan Solidaritas