Kejati Papua Didesak Tahan Bupati Dogiyai

share on:
massa dari Forum Anti Korupsi Papua melakukan demo damai di Kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Papua, Kamis (23/7/2015) - Jubi/Arjuna
massa dari Forum Anti Korupsi Papua melakukan demo damai di Kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Papua, Kamis (23/7/2015) – Jubi/Arjuna

Jayapura, Jubi – Puluhan massa dari Forum Anti Korupsi Papua melakukan demo damai di Kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Papua, Kamis (23/7/2015). Massa menuntut kejaksaan segera menahan Bupati Dogiyai, Thomas Tigi yang kini menjadi tersangka dugaan korupsi Dana Bantuan Sosial (Bansos) kabupaten setempat.

Koordinator aksi, Andreas Gobay dalam orasinya mengatakan, pihaknya mendesak kejaksaan menahan Bupati Dogiyai di Rumah Tahanan (Rutan), bukan sebagai tahanan luar.

“Kenapa yang ditahan hanya Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Dogiyai, Soleman, sedangkan bupati tak ditahan. Ini yang kami pertanyakan,” kata Gobay.

Ia meminta Kejati Papua profesional dalam menangani korupsi. Katanya, apa sehingga Kejati Papua belum memberikan kejelasan kapan melakukan penangkapan atau tindakan hukum yang lain.

“Kami ingin adalah kejelasan kasus Bansos dan raskin. Kejati harus mempertimbangkan itu, karena yang korban adalaha masyarakat,” ucapnya.

Sementara Asssiten Intel Kejati Papua, Budi Utarto mengatakan, pihaknya setuju Papua harus bebas dari korupsi. Namun katanya, kasus Bupati Dogiyai ditangani oleh Polda Papua. Sedangkan, berkasa perkara tersangka lainnya, Solemen akan segera dilimpahkan ke pengadilan.

“Berkas perkara bupati sudah dinyatakan lengkap oleh Polda Papua, dan segera dilimpahkan ke Kejati untuk proses hukum selanjutnya. Kalau sudah, barulah kami bisa mengambil langkah penahanan,” kata Budi. (Arjuna Pademme)  

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kejati Papua Didesak Tahan Bupati Dogiyai