Kabupaten Jayawijaya Akan Bergeser ke Muliama

share on:
Penyerahan dana kompensasi pelepasan lahan pembangunan pergeseran Kabupaten Jayawijaya di Distrik Muliama. Jubi/Islami

Wamena, Jubi – Pemerintahan Kabupaten Jayawijaya akan segera bergeser ke Distrik Muliama sesuai dengan adanya pemekaran Kota Baliem. Sebagai langkah awal pemerintah daerah Jayawijaya memberikan dana kompensasi pembebasan lahan untuk pembangunan kantor Bupati Jayawijaya.

Sedangkan kantor Bupati Jayawijaya yang saat ini ada di Wamena, akan dijadikan sebagai kantor Wali Kota Baliem, sehingga pergeseran kabupaten Jayawijaya harus dilakukan.

Dalam penyerahan dana kompensasi tahap awal, pemerintah Kabupaten Jayawijaya memberikan dana sebesar Rp 3 miliar dipotong administrasi pajak, sehingga uang yang diterima masyarakat pemilik ulayat sebesar Rp 2.850.000.000.

Penyerahan sendiri dilakukan di bukit Konam, Distrik Muliama tempat akan dibangunya kantor Bupati Jayawijaya, dihadiri sekitar 26 kepala distrik yang masuk dalam pergeseran Kabupaten Jayawijaya juga
masyarakat adat di Distrik Muliama.

Wakil Bupati Jayawijaya, Jhon Ricard Banua dalam sambutanya menjelaskan alasan dipilihnya bukit Konam, Distrik Muliama untuk menyerahkan dana kompensasi supaya seluruh masyarakat mengetahui dana yang diberikan untuk tahap awal ini.

Sengaja kami serahkan disini, supaya masyarakat juga tahu dana yang kita berikan, biasanya penyerahan dana kompensasi dilakukan di kantor,” ujar Jhon Banua.

Dirinya berharap dana kompensasi ini dapat digunakan dengan baik oleh masyarakat adat pemilik hak ulayat, karena uang diberikan bukan hanya untuk satu dua orang tetapi bagi masyarakat pemilik lahan.

Selain itu pemerintah berharap dengan diserahkan dana kompensasi tersebut, masyarakat dapat turut mendukung pergeseran Kabupaten Jayawijaya sehingga ke depan tidak ada masalah lagi soal
kepemilikan hak ulayat.

Pemerintah juga berterima kasih kepada masyarakat yang memiliki hak ulayat telah menerima pergeseran Kabupaten Jayawijaya di Muliama, dan kami berharap uang digunakan dengan baik jangan dipakai untuk mabuk atau hal-hal yang negatif,” katanya.

Disisi lain Kepala Distrik Muliama, Firdaus Wenda mengajak seluruh masyarakat dari 26 distrik yang masuk di kabupaten Jayawijaya nantinya turut menyukseskan dan mendukung pergeseran Kabupaten Jayawijaya. “Atas nama masyarakat Distrik Muliama kami juga mengucapkan terima kasih atas dukungan seluruh masyarakat,” ujar Firdaus Wenda. (Islami)

Editor : Angela
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kabupaten Jayawijaya Akan Bergeser ke Muliama