Polisi Lakukan Pengamanan di Masjid dan Gereja

share on:
himbauan
Kasubag Humas Polres Merauke, Iptu Richard Nainggolan. JUbi/Frans L Kobun

Merauke, Jubi – Terhitung Sejak Jumat (24/7/2015), personil polisi di lingkungan Polres Merauke disebarkan di masjid maupun mushola serta gereja-gereja yang tersebar dalam wilayah kota dan sekitarnya. Penempatan personil polisi itu sebagai instruksi dari Kapolda Papua, terkait peristiwa yang terjadi di Tolikara beberapa waktu lalu.

Hal itu disampaikan Kasubag Humas Polres Merauke, Iptu Richard Nainggolan saat ditemui Jubi di ruang kerjanya Jumat (24/7/2015). Dikatakan, khusus anggota polisi yang beragama Katolik maupun Protestan, melakukan pengamanan di masjid maupun mushola. Sedangkan yang beragama Islam, melakukan pengamanan di gereja-gereja.

Di setiap masjid maupun gereja, demikian Nainggolan, ditempatkan kurang lebih enam anggota polisi. Pengamanan dilakukan dengan tujuan untuk mengantisipasi jangan sampai ada pihak-pihak tertentu yang berusaha melakukan provokasi terhadap daerah ini yang sudah kondusif dari tahun ke tahun.

Dikatakan, pengamanan semata-mata agar masyarakat juga aman dan dapat menjalankan dan atau melaksanakan aktivitasnya sebagaimana biasa. “Memang belum dipastikan sampai kapan pengamanan dilakukan. Nanti ada informasi lanjutan yang akan disampaikan,” ujarnya.

Ditanya jangan sampai kegiatan pengamanan dilakukan, justru akan membuat masyarakat terpancing dan bertanya-tanya, Nainggolan mengaku tidak. Karena sudah dilakukan pertemuan dengan lintas tokoh agaman di Gedung Negara juga dan sebelumnya pertemuan serupa dilakukan di Aula Polres yang dipimpin langsung Kapolres Merauke, AKBP Sri Satyatama.

“Saya mengimbau kepada semua orang agar tidak terprovokasi dan tetap menjaga situasi kondusif daerah ini. Karena Merauke dari tahun ke tahun, tidak pernah ada gejolak besar yang terjadi,” pintanya.

Kapolres Merauke, AKBP Sri Satyatama membenarkan juga jika pengamanan di masjid dan mushola serta gereja-gereja sudah mulai dilaksanakan hari ini oleh anggota di lingkungan Polres setempat. (Frans L Kobun)

Editor : Angela
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Polisi Lakukan Pengamanan di Masjid dan Gereja