Para Guru Pasifik Ingin Perangi Obesitas Pada Murid

share on:

Jayapura, Jubi – Menanggulangi masalah kelebihan berat badan (obesitas), departemen kesehatan pemerintah di Pasifik didesak melakukan kerja sama dengan para guru. Pernyataan tersebut dikeluarkan mengikuti adanya laporan terbaru dari organisasi kesehatan dunia, WHO, baru-baru ini.

Sebuah laporan yang baru dikeluarkan WHO menunjukkan, negara-negara Pasifik membentuk lima negara dengan tingkat obesitas tertinggi di dunia. Menanggapi hal tersebut, para guru di wilayah Pasifik mengatakan perlunya departemen kesehatan pemerintah untuk berkolaborasi dengan mereka dalam rangka memerangi obesitas.

Empat komisioner dari Komisi WHO pada Akhiri Obesitas Anak, atau ECHO (Ending Childhood Obesity), melanjutkan pembicaraan dengan para pemimpin dari regional Pasifik, guru dan staf dari Departemen Pendidikan di Auckland, Rabu (29/7). Pertemuan yang mengangkat topik kelebihan berat badan pada anak-anak di Pasifik itu telah dimulai sehari sebelumnya, Selasa.

Radio New Zealand, Rabu, melaporkan, pada pertemuan pertama, diskusi tersebut dilakukan dengan para siswa dan guru-guru dari Auckland, Tonga, dan Kepulauan Cook melalui Skype-link up.

Kepala ECHO, Sir Peter Gluckman, mengatakan pertemuan itu merupakan yang pertama kalinya dengan WHO, yang telah mengirimkan komisaris ECHO untuk berkonsultasi dengan para siswa dan guru di mana saja di dunia.

“Kami sudah mendengar saran praktis lebih nyata dari orang-orang Kepulauan Pasifik selama dua hari terakhir dan itu menunjukkan lagi bahwa mendengarkan dan berbicara dengan orang-orang di ditempatnya benar-benar penting dalam membuat kebijakan,” kata Sir Peter Gluckman, mengutip RNZ. (Yuliana Lantipo)

Editor : Yuliana Lantipo
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Para Guru Pasifik Ingin Perangi Obesitas Pada Murid