Polres Jayawijaya Tangkap Residivis Pelaku Pencurian di Gereja

share on:
Kapolres Jayawijaya, AKBP Semmy Ronny Thaba. Jubi/Islami
Kapolres Jayawijaya, AKBP Semmy Ronny Thaba. Jubi/Islami

Wamena, Jubi – Kepolisian Resort Jayawijaya berhasil menangkap salah seorang residivis kasus pencurian di salah satu Gereja di seputaran Potikelek, Wamena, Kabupaten Jayawijaya pada bulan April 2015 lalu.

Selasa (28/7/2015) polisi telah penangkapan terhadap seorang yang diduga sebagai pelaku tindak pidana pencurian dengan inisial KL.

Pelaku diamankan oleh polisi di Polsek Asologaima, di mana yang bersangkutan dari hasil laporan warga sedang mencuri ternak Babi, lalu dikembangkan ternyata yang bersnagkutan juga melakukan pencurian di sebuah Gereja di daerah Potikelek dan barang-barang yang diambil di Gereja seperti patung Bunda Maria, hiasan lampu natal hingga mahkota dari cenderawasih.

Kapolres Jayawijaya, AKBP Semmy Ronny Thaba melalui Kasat Reskrim Polres Jayawijaya, Iptu I Wayan Laba menjelaskan, setelah dikembangkan juga ternyata seseorang yang diamankan itu residivis pencurian di wilayah Kimbim, dimana dari pengakuan yang bersangkutan sendiri biasa melakukan pencurian seperti ternak warga, kios-kios yang ada seputar Kimbim, Distrik Asologaima.

Yang bersangkutan pernah kita lakukan upaya tangkap dengan mengambil tindakan yang cukup tegas, dengan melakukan tembak terhadap yang bersangkutan, tetapi ternyata pelaku juga bisa melarikan diri,” kata Kasat Reskrim kepada wartawan di ruang kerjanya sesaat setelah penangkaan, Selasa (28/7) malam.

Untuk yang bersangkutan, kata I Wayan, dikenakan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman sampai tujuh tahun penjara sesuai keterangan tersangka maupun saksi bahwa yang bersangkutan saat melakukan aksinya dibantu oleh temanya dan kebanyakan dilakukan pada malam hari.

Barang bukti yang berhasil diamankan itu patung Bunda Maria, kemudian hiasan-hiasan lampu Natal yang didapat di rumah tersangka, sedangkan untuk ternak yang ducuri sudah dijual. Adapun motif pencurian, lebih didasarkan karena faktor ekonomi,” ujar I Wayan. (Islami)

Editor : Angela
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Polres Jayawijaya Tangkap Residivis Pelaku Pencurian di Gereja