Pemuda Katolik: Gubernur Harus Evaluasi Kinerja SKPD

share on:
Ketua Komisariat Papua Katolik Papua, Rikardus Faroka (paling kakan) - Jubi/Beny Mawel
Ketua Komisariat Papua Katolik Papua, Rikardus Faroka (paling kakan) – Jubi/Beny Mawel

Jayapura, Jubi – Pemuda Katolik Provinsi Papua menilai visi dan misi gubernur Papua, Lukas Enembe, Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera belum terealisasi dengan baik. Gubernur dinilai belum mampu menerjemahkan ide pembangunan yang brilian ke dalam program kerjanya.

“Pikiran ini sangat tepat bagi Pembangunan Papua tetapi tidak ditunjang Sumber Daya Manusia. Bawahanya belum mampu menerjemahkan,” ujar Riky Faroka, ketua Pemuda Katolik Provinsi Papua kepada media di Abepura, kota Jayapura, Papua, Jumat (31/7/2015).

Menurut mereka, bawahan gubernur tidak mampu menerjemahkan pemikiran itu telah memberi kesan visi dan misi gubernur tidak jalan. Akhirnya kampanye Papua bangkit, mandiri dan sejahtera terkesan slogan belaka. “Pemikiran itu menjadi slogan karena tidak diterjemahkan” ujar Faroka.

Menurut Faroka, kebangkitan itu mesti dimulai dari pemuda. Pemuda Katolik sendiri memiliki pemikiran untuk menerjemahkan visi dan misi gubernur Papua. Hanya, kata Faroka, pihaknya belum Bertemu gubernur untuk menyampaikannya.

“Kami sudah punya konsep. Kami sudah siap lahan peternakan dan pertanian di setiap wilayah. Kami mau minta tawaran berikan bibit pertanian dan ternak supaya kami menjadi mandiri. Kami tidak minta-minta lagi,” ujarnya.

Untuk bawahan di dalam Pemerintah, pemuda Katolik mengulkan gubernur melakukan dua hal, pertama, menempatkan orang harus sesuai kemampuan atau latar belakang pendidikannya.

Kedua, gubernur harus melakukan evaluasi pelaksanaan pembangunan. Evaluasi kinerja setiap kepala daerah, kepala dinas dari provinsi hingga kabupaten. “Perlu evaluasi besar-besaran terhadap kinerja,” katanya.

Ketua yim Kongres Pemuda Katolik Komisariat Papua, Natan Tebay mengatakan pihaknya akan mendorong isu pembangunan Papua yang mulai redup itu melalui kongres Pemuda tingkat nasional di Batam Agustus nanti.

“Kami akan mendorong agenda pemerintah sampai ke telinga Presiden supaya ada perhatian dan pengawasan dari pusat,” ujarnya. (Mawel Benny)

Editor : Angela
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemuda Katolik: Gubernur  Harus Evaluasi Kinerja SKPD