Polda Malut Buka Sekolah Polisi Negara

share on:

Ternate, Jubi/Antara – Kepolisian Daerah Maluku Utara (Polda Malut) berencana membuka Sekolah Polisi Negara (SPN) yang akan dipusatkan di Sofifi agar kian banyak putra-putri daerah berkesempatan menjadi anggota Polri.

Kapolda Malut, Brigjen Pol Imam Budi Utomo, di Ternate, Jumat (31/7/2015), rencana ini dikarenakan Malut yang memiliki kuota Daftar Susunan Prajurit (SDP) Polri 10 ribu, kini baru tersedia sebanyak 4 ribu SDP, namun ini merupakan program jangka menengah dari Polda sendiri.

“Rencananya Polda Malut akan buka SPN sudah sampaikan bahwa dari DSP kita 10 ribu lebih kita (Polda Malut) baru ada 4 ribu sekian dan kalau dipresentasikan itu baru 48 Persen dan kurang 52 persen itu,” katanya.

Menurutnya, sesuai dengan harapan dengan akan dibukanya SPN dapat memenuhi kuota SDP Polda Malut yang diprioritaskan pada putra/putri daerah.

Hingga saat ini, Polda Malut masih menumpangi tempat pendidikan di beberapa SPN milik Polda di luar Polda Malut.

Hal ini membuat kuota seleksi casis Polri untuk Polda Malut sangat terbatas, sebagaimana kuota seleksai casis Polri untuk Polda Malut yang sesuai hasil pengumuman Selasa (28/9) kemarin hanya sebanyak 235.

Meski demikian, kata Hendry, tak luput adanya dukungan dari masyarakat Malut terkait dengan rencana akan dibukanya SPN ini.

Oleh karena itu, dengan dibukanya SPN di Malut, artinya rekrutmen sumber daya manusia Polri itu bisa lebih banyak di atas 500 anggota ke atas.

“Tetapi kalau kita sudah punya SPN sendiri berarti ada peluang yang sangat besar bagi putra putri daerah disini yang kita rekrut dan akan kurun waktu 5 atau 10 tahun ke depan sudah mencapai target yang diinginkan kuota tadi,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Malut, Abdul Gani Kasuba, ketika dikonfirmasi menyatakan, Pemprov akan mendukung rencana dibukanya SPN di Malut, sehingga putra-putri terbaik di daerah berkesempatan menjadi anggota Polri. (*)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Polda Malut Buka Sekolah Polisi Negara