Kapal Pemkab Biak Yap Wairon Dikelola Pihak Ketiga

share on:

Biak, Jubi/Antara – Operasional kapal perintis milik pemerintah kabupaten Biak Numfor, KM Yap Wairon, akan ditangani pihak ketiga yaitu perusahaan pelayaran Papua Lintas Nusantara.

Sekretaris Dinas Perhubungan setempat, Otto PW Wainggai, di Biak, Minggu (2/8/2015), mengatakan penunjukan pihak ketiga pengelola operasional kapal perintis setiap tahun dilakukan Pemkab dalam rangka mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat di berbagai daerah kepulauan di Provinsi Papua dan Papua Barat.

“Sesuai jadwal, sebelum beroperasi melayani angkutan penumpang ke berbagai tujuan, kapal Yap Wairon akan melakukan docking (perbaikan) tahunan di Manado, Sulawesi Utara,” kata Otto.

Ia mengatakan setelah kapal selesai melakukan docking, operasional pelayanan kapal perintis KM Yap Wairon akan kembali normal melayani kebutuhan warga.

Dia berharap, selama proses perbaikan kapal perintis Pemkab Yap Wairon pihak ketiga yang ditunjuk mengelola operasional kapal perintis akan menyediakan kapal pengganti dari Surabaya.

Menyinggung armada pelayanan kapal perintis di Biak, Otto berpendapat, sangat vital sebab menjadi sarana angkutan utama untuk melayani masyarakat di berbagai kepulauan Biak Numfor dan pulau Mapia, Kabupaten Supiori.

“Keberadaan kapal perintis di pelabuhan Biak sangat mendukung kelancaran distribusi barang dan angkutan penumpang dari Biak ke daerah tujuan,” katanya.

Berdasarkan data pelayanan kapal perintis di pelabuhan Biak dilayani KM Papua Lima, KM Yap Wairon serta kapal feri PT ASDP dengan rute Biak-Pulau Numfor, Biak-Manokwari, Biak-Serui serta Biak- Mapia. (*)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kapal Pemkab Biak Yap Wairon Dikelola Pihak Ketiga