Mantan PM Vanuatu, Dimakamkan Akhir Pekan Lalu

share on:
Tubuh Edward Natapei terbaring dalam upacara kenegaraan. Foto: Vanuatu Daily Post
Tubuh Edward Natapei terbaring dalam upacara kenegaraan. Foto: Vanuatu Daily Post

Jayapura, Jubi – Penghargaan terakhir untuk politisi dan bangsawan terkemuka Vanuatu, Edward Natapei, telah dilakukan pada Jumat (31/7/2015). Media setempat melaporkan, sebuah pemakaman kenegaraan telah diadakan pada Jumat (31/7/2015) di Port Vila untuk mantan perdana menteri Vanautu, Edward Natapei, yang meninggal awal pekan lalu.
Tubuh Edward Natapei dibaringkan di Parlemen Vanuatu, terbungkus tikar tradisional dan berwarna nasional Vanuatu yakni merah, hijau, kuning dan hitam.

Pelayat telah antri di Gedung Parlemen hari itu untuk memberikan penghormatan.

Setelah pemakaman kenegaraan, tubuh Natapei diterbangkan ke selatan ke pulau Futuna di provinsi Tafea negara untuk dimakamkan.

Natapei, 61, telah menjabat perdana menteri selama tiga tahun dari tahun 2001 dan sebagian besar tahun 2008-2010.

Dia adalah pemimpin lama dari partai politik tertua dan terbesar di Vanuat, Vanua’aku Pati, yang memainkan peran sentral dalam mengantarkan negara itu untuk kemerdekaan.

Sementara itu, Perdana Menteri Papua Nugini, Peter O’Neill, telah membayar upeti kepada pemimpin Vanuatu an, mengatakan kerugiannya tidak hanya dirasakan di Vanuatu tapi di wilayah Pasifik dan masyarakat internasional yang lebih luas.

O’Neill menggambarkan Edward Natapei sebagai negarawan yang luar biasa, seorang teman baik untuk PNG dan pendukung kuat solidaritas Melanesia dan kerjasama yang telah dikagumi dan dihormati baik secara regional maupun global.

Perdana Menteri PNG mengatakan Edward Natapei disajikan dengan integritas dan perbedaan dan warisan kepemimpinannya di Pasifik akan hidup selamanya. (Yuliana Lantipo)

Tags:
Editor : Yuliana Lantipo
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Mantan PM Vanuatu, Dimakamkan Akhir Pekan Lalu