Volcano Meletus di Pulau Manam, PNG

share on:
Manam Volcano in Papua New Guinea's Madang province (NASA). Photo: AFP
Manam Volcano in Papua New Guinea’s Madang province (NASA). Photo: AFP

Jayapura, Jubi – Akhir pekan lalu, masyarakat Papua Nugini dikagetkan dengan letusan gunung berapi di Pulau Manam, di negara tersebut. Belum ada laporan kerugian yang diderita pasca letusan dipulau tersebut.

Pihak berwenang di Papua Nugini, seperti dilaporkan Radio New Zealand, Sabtu (2/8/2015), telah mengeluarkan peringatan di pulau Manam untuk mengambil tindakan pencegahan dan tetap waspada setelah letusan gunung berapi.

Departemen geohazard negara mengatakan letusan terjadi sekitar pukul 11 malam waktu setempat pada hari Jumat di pulau di provinsi Madang, dengan gumpalan abu yang tertiup angin ke arah daratan.

Departemen itu mengatakan, kota Bogia telah dilapisi abu. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pemerintah mengeluarkan larangan agar warga menghindari bertualang ke empat lembah utama di tempat itu.

Ia mengatakan, tempat-tempat tersebut tidak dapat menerima data seismik dari letusan karena masalah techinical dengan peralatan transmisi, dan rincian dampak letusan itu masih belum jelas.

Departemen mengatakan letusan telah membuka sistem ventilasi pipa dan letusan sedang berlangsung dengan kemungkinan besaran variabel.

Pada November 2004, letusan besar menewaskan lima orang dan memaksa evakuasi darurat lebih dari 9000 warga. Sepuluh tahun kemudian, banyak dari mereka masih tinggal di perumahan sementara. (Yuliana Lantipo)

Editor : Yuliana Lantipo
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Volcano Meletus di Pulau Manam, PNG