10 Fakta Pegunungan Wondiboy

share on:
Kaki pegunungan Wondiboy - Seymor Greene
Kaki pegunungan Wondiboy – Seymor Greene

Jayapura, Jubi – Perbukitan Wondiboy di sekitar lokasi bencana banjir bandang Wasior masuk dalam Zona Kerentanan Gerakan Tanah Tinggi. Pada tahun 2010 menurut Prakiraan Potensi Terjadi Gerakan Tanah, Perbukitan Wondiboy masuk pada potensi Menengah hingga Tinggi.

Dengan pertimbangan bahwa pegunungan Wondiboy masuk pada zona kerentanan gerakan tanah menengah sampai tinggi dan masih berpotensi terjadi banjir bandang di kemudian hari, maka daerah bencana tidak layak untuk pemukiman penduduk dan bangungan vital strategis yang mengundang banyak konsentrasi manusia.

Masyarakat di sekitar Perbukitan Wondiboy diharapkan tetap menjaga kelestarian hutan disekitar pegunungan Wondiboy seperti saat mengontrol alur/aliran sungai yang berhulu dari pegunungan Wondiboy dari pembentukan bendung alam. Jika terjadi bendung alam agar segera dibersihkan/dijebol. Masyarakat juga harus siaga dan mulai mengoperasikan alat peringatan dini (pencatat curah hujan, sensor banjir bandang) dan penduduk tidak bermukim di muka mulut lembah sungai dan di sepadan sungai. (*)

Lanjut baca 10 Fakta Pegunungan Wondiboy

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  10 Fakta Pegunungan Wondiboy