Perdagangan Pembuatan Cokelat Dimulai Di Kepulauan Solomon

share on:

Jayapura, Jubi – Untuk pertama kalinya, akan diadakan program pelatihan bagi petani kakao di Kepulauan Solomon dan akan membuka pasar baru untuk pertama kali pula dengan produk-produk cokelat buatan masyarakat lokal.

Radio New Zealand melaporkan, sekelompok petani kakao sedang belajar untuk menjadi pembuat cokelat pertama di Kepulauan Solomon.

Program pelatihan tersebut dilakukan oleh Nat Bletter dan David Elliot, co-pendiri yang memenangkan penghargaan Madre cokelat di Hawaii.

Bletter mengatakan, kacang lokal biasanya diekspor ke negara-negara yang lebih besar, namun pelatihan akan memungkinkan petani untuk membuat cokelat sendiri.

“Mereka bisa mengolahnya menjadi kakao melalui es loli yang dibuat atau minuman cokelat untuk menggantikan Milo atau cokelat pisang, bahkan lebih baik bagi mereka. Dan banyak dari mereka mengatakan ‘Ya, aku tidak akan minum Milo di pagi hari lagi. Aku hanya akan minum cokelat saya sendiri,” kata Nat Bletter, mengutip Radio New Zealand, Senin (3/8/2015). (Yuliana Lantipo)

 

Editor : Yuliana Lantipo
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Perdagangan Pembuatan Cokelat Dimulai Di Kepulauan Solomon