Jika Diperlukan, Disnakerduk Siap Bantu KPU Papua Validasi Data

share on:
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Kependudukan Papua, Yan Piet Rawar - Jubi/Alex
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Kependudukan Papua, Yan Piet Rawar – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Kependudukan (Disnakerduk) Provinsi Papua, Yan Piet Rawar mengaku pihaknya siap membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam melakukan pencocokan data penduduk dalam rangka persiapan Pilkada serentak pada Desember 2015.

“Pada prinsipnya kami siap membantu KPU jika diperlukan,” kata Yan Piet Rawar kepada wartawan, di Jayapura, Papua, Selasa (4/8/2015).

Rawar menilai, pencocokan data penting dilakukan mengingat konflik Pilkada di Papua paling banyak terjadi karena persoalan data pemilih. Hal ini dikarenakan data pemilih yang ada belum berkualitas, sehingga harus dilakukan perbaikan.

“Kendala utama dalam Pilkada adalah masalah data. Untuk itu, kami siap membantu KPU Papua untuk memperbaiki apa yang selama ini menjadi masalah,” katanya.

Ditambahkannya, sesuai dengan data dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), ujar Rawar, jumlah penduduk Papua per Juli 2014 berjumlah 3,8 juta orang sesuai dengan pencatatan E-KTP. Namun jumlah penduduk Papua pasti akan bertambah atau berkurang dalam kurung waktu Agustus sampai Desember 2014.

“Kami masih menunggu data resmi dari Kemendagri sesuai dengan pencatatan E- KTP,” kata Rawar.

Sebelumnya, Ketua KPU Kabupaten Jayapura Lidia Mokai mengatakan mengingat Pilkada tahun ini akan dilakukan secara serentak, maka langkah kongkrit yang harus dilakukan adalah pembenahan ulang data penduduk, hal ini dimaksud karena dalam waktu yang sama pasti ada penambahan jumlah penduduk yang masuk ke daerah ini bahkan dari sisi penambahan usia.

“Secara aturan memang belum secara resmi baru dilaksanakan sosialisasinya oleh KPU Pusat kepada seluruh KPU di seluruh Indonesia, sebagai pelaksana pemilihan umum didaerah ini kita telah mengikuti sosialisasi tersebut,” kata Lidia Mokai. (Alexander Loen)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Jika Diperlukan, Disnakerduk Siap Bantu KPU Papua Validasi Data