Pemprov Akan Evaluasi Program Studi Keluar Papua

share on:
Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Papua, Muh Musa'ad - Jubi/Alex
Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Papua, Muh Musa’ad – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Pemerintah provinsi Papua akan melakukan evaluasi terhadap anak-anak Papua yang menjalani studi baik di luar negeri maupun dalam negeri.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) provinsi Papua Muhammad Musa’ad, di Jayapura, Rabu (5/8/2015) mengatakan dalam melakukan evaluasi pihaknya akan membentuk tim kolaborasi yang terdiri dari bebagai pihak.

“Evaluasi ini dilakukan untuk memperketat anak-anak Papua yang mengenyam pendidikan di luar Papua. Sebab, mereka mempunyai hak mendapatkan pendidikan dan fasilitas pendidikan dari Pemda, akan tetapi mereka berkewajiban untuk belajar dengan baik,” kata Musa’ad,

Menanggapi itu, Musa’ad tegaskan tahun ini program studi keluar Papua akan lebih diperketat, dimana pemerintah provinsi akan mengirim tim untuk melakukan monitoring terhadap anak-anak Papua yang mengikuti pendidikan di luar negeri maupun dalam negeri.

“Tugas tim ini untuk memastikan anak-anak Papua yang belajar di luar apakah betul-betul kuliah dengan baik dan berprestasi baik atau tidak. Jika mereka tidak kuliah dengan baik atau tidak mempunyai prestasi, maka kami akan menghentikan studi mereka,” ucapnya.

Menurut ia, saat ini anak anak Papua yang mengikuti pendidikan diluar negeri maupun dalam negeri sudah mencapai 800 orang lebih.

“Seperti mereka yang sudah beberapa tahun ini menjalani program 1000 doktor, jika tidak belajar dengan baik, akan kami hentikan karena yang lain menunggu,” katanya.

Sebelumnya, Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe mengatakan, pendidikan menjadi kunci utama dalam meningkatkan mutu dan kesejahteraan masyarakat Papua.

“Papua hanya dapat dibangun oleh manusia yang berkualitas, senang bekerja keras, disiplin dan tentu memiliki etos kerja yang baik serta berwawasan kebangsaan yang tinggi,” kata Lukas Enembe, Minggu (21/9). (Alexander Loen)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemprov Akan Evaluasi Program Studi Keluar Papua