Kejagung Limpahkan Kasus Manibor, ke Pengadilan Jayapura

share on:

Jayapura, Jubi-Kapuspen Kejaksaan Agung (Kejagung) Tony Spontana mengatakan pihaknya telah melimpahkan kasus Bupati Sarmi, Mesak Manibor ke Pengadilan Jayapura untuk disidangkan di sana. Tersangka sudah di berangkatkan dari Jakarta ke Jayapura.

“Sudah diterbangkan ke Jayapura dan dilimpahkan ke Pengadilan Jayapura,”katanya saat dihubungi Jubi dari Jayapura, Kamis(7/8/2015).

Dia menambahkan tersangka sudah diterbangkan dan berkasnya sudah lengkap tinggal disidangkan di sana.

Sumber Jubi di Jakarta mengatakan Bupati Sarmi Mesak Manibor sudah diterbangkan Rabu(5/8/2015) malam dan sudah tiba di Jayapura Kamis(6/8/2015) pagi.

Mengutip Antara yang mengatakan bahwa Bupati Sarmi,Papua, Mesak Mandibor, tersangka korupsi dana APBD sebesar Rp 4,6 miliar, Kamis (6/8/2015) dibawa ke LP Abepura, sekitar pukul 11.10 WIT dengan menggunakan mobil tahanan milik Kejari Jayapura, setelah sebelumnya diterbangkan dari Jakarta.

Kejaksaan Agung melimpahkan penanganan kasus korupsi Bupati Sarmi ke Kejaksaan Negeri Jayapura setelah berkasnya dinyatakan lengkap untuk diproses lebih lanjut.

Pelimpahan berkas dilakukan setibanya tersangka Bupati Mesak Mandibor di Jayapura pukul 07.15 WIT, Kamis (6/8/2015) , setelah diterbangkan dari Jakarta dengan menggunakan penerbangan komersial.

Kejati Papua, Kamis (6/8/2015), mengungkapkan, tersangka Bupati Sarmi Mesak Mandibor yang ditangkap 14 Mei lalu sebelumnya ditahan di rumah tahanan Kejagung di Jakarta, bersama dua tersangka lainnya terkait kasus pembangunan pagar dan rehab rumah pribadi bupati yang menggunakan dana APBD sebesar Rp 4,6 miliar.

Dua tersangka lainnya yang ditangkap terkait kasus korupsi yakni D dan MA yang merupakan kontraktor pembangunan pagar dan rehab rumah pribadi Bupati Mesak di kompleks perumahan Neidam, Sarmi.

Bupati Mesak Mandibor bersama dua tersangka lainnya singgah ke Kejari Jayapura untuk melakukan pemeriksaan medis dan administrasi.

Sebelumnya jaksa penyidik tindak pidana khusus Kejaksaan Agung (Kejagung) pada Kamis (14/5/2015 ) sebulan lalu telah menjemput paksa Bupati Sarmi, Mesakh Manibor terkait kasus korupsi penyalahgunaan APBD Kabupaten Sarmi, Papua. Terhadap penangkapan tersebut, Mesakh mengaku bukanlah aktor utamanya.(Dominggus Mampioper)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kejagung Limpahkan Kasus Manibor, ke Pengadilan Jayapura