PBDT Dikhususkan Kepada Masyarakat Ekonomi Bawah

share on:
Petugas BPS sedang melakukan pendataan terhadap salah satu kepala Keluarga di Kampung Sereh Distrik Sentani - Jubi / Ist
Petugas BPS sedang melakukan pendataan terhadap salah satu kepala Keluarga di Kampung Sereh Distrik Sentani – Jubi / Ist

Sentani, jubi – Target Pemutahiran Basis Data Terpadu (PBDT) sekaligus pendataan ulang yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Jayapura kepada 13.000 kepala keluarga, hingga 14 agustus mendatang, secara khusus di tetapkan kepada masyarakat ekonomi lemah.
Dalam pelaksanaan pendataan ulang ini diharapkan kepada aparat pemerintah kampung dapat membantu dan mendukung pelaksanaan pendataan tersebut.
” Petugas lapangan kita yang sedang melaksanakan tugas pendataan kadang agak kesusahan melakukan pendataan dengan baik, ketika informasih akurat yang diharapkan dari aparat pemeritah kampung tidak diberikan kepada petugas kami,” ungkap Jerry De Fretes Kepala BPS Kabupaten Jayapura di kantornya, Kamis (6/8/2015).

De Fretes juga mengatakan bahwa dari pendataan yang di lakukan pihaknya, secara khusus daerah perkotaan sering mengalami kesulitan, hal ini disebabkan masyarakat yang ingin didata sedang tidak di tempat.

” Sosialisasi sudah sering dilakukan dari berbagai pihak tentang kegitan ini, hanya saja masyarakat masih banyak yang belum mau ikut terlibat secara langsung, padahal ini program dari pusat yang di kususkan bagi masyarakat ekonomi bawah,” katanya

Lanjutnya, masyarakat diminta juga untuk memberikan data yang akurat, sehingga mealui data tersebut dikirim ke pusat dan akan dikembalikan kemasyarakat berupa satu kartu dari tiga kartu yang dijanjikan pemerintah pusat.

“ Intinya masyarakat dapat memberikan data yang akurat terkait kehidupan sosial dan juga kepemilikan harta benda yang ada, tentunya dari data tersebut yang akan dikirim kepusat,” tuturnya.

 

Semenatara itu Lens Ondi salah satu masyarakat yang didata oleh petugas BPS di Kampung Sereh mengaku tela memberikan data yang akurat terkait kehidupan keluarganya.
“ Sebagai masyarakat yang hidup sederhana seperti ini, saya memberikan informasih seperti apa adanya dalam rumah kami,” tandasnya. (Engel Wally)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PBDT Dikhususkan Kepada Masyarakat Ekonomi Bawah