Puluhan CPNS Dogiyai Datangi BKD

share on:
Aksi demo para pegawai negeri sipil beberapa waktu lalu). Jubi/Islami

Dogiyai, JUBI – Puluhan calon pegawai negeri sipil (CPNS) formasi 2013 Kabupaten Dogiyai mendatangi kantor Badan kepegawaian daerah kabupaten tersebut, Rabu (5/8/2015) siang.

Koordinator aksi, Isak Waine mengatakan dirinya bersama puluhan CPNS formasi tahun 2013 meminta penjelasan pengurusan SK CPNS yang tidak jelas sejak 2014.

Kata Isak, ratusan CPNS dari Kabupaten Dogiyai ingin bekerja demi menghidupi keluarganya. “Kami datang untuk menanyakan SK dan nasib kami. Kapan SK kami mau dibagikan. Kami juga mau kerja. Kami sekolah untuk kerja. Tetapi, hingga saat ini, nasib kami dihalangi,” kata Waine.

Kepala badan kepegawaian daerah, Petrus Agapa, dihadapan puluhan CPNS menjelaskan, pihaknya belum bisa membagikan SK CPNS karena SK tersebut masih diproses di BKN Jayapura.

Kami juga tidak mau punya beban. Jika pengurusannya selesai, pasti kami bagikan. Tapi, hingga saat ini, SK CPNS masih dalam proses,” kata Petrus Agapa.

Ia menjelaskan, BKN regional IX Jayapura tidak hanya menangani satu daerah saja. BKN harus mengurusi semua kabupaten/kota dan dua propinsi di seluruh tanah Papua.

Tugas BKD hanya urus pemberkasan. Pemberkasan dari saudara/i kami sudah ajukan ke Jayapura,” jelasnya.

Untuk SK CPNS, katanya lagi, dalam waktu yang cepat atau lambat, pasti akan diterima semua CPNS. Hanya yang dibutuhkan kesabaran dari semua CPNS. BKD tidak punya unsur kesengajaan untuk menghalangi dalam proses penerbitan NIP dan SK CPNS formasi tahun 2013.

Di tempat yang sama, kepala bidang formasi dan kesejahteraan pegawai, Simon Goo, mengatakan, untuk sementara, persyaratan yang sudah dimasukan oleh setiap CPNS sudah memenuhi.

Jika ada berkas yang dikembalikan dari BKN Jayapura, kami akan sampaikan kepada yang bersangkutan untuk lengkapi berkas yang diminta dari BKN,” jelasnya

Sejauh ini, kata Goo, memang ada beberapa berkas yang harus dilengkapi oleh para CPNS tapi, pihaknya selalu berusaha bekerja tanpa melibatkan para CPNS karena hal itu merupakan bagian dari tanggungjawabnya.

Untuk penetapan NIP, kata Goo, pihaknya akan membuatkan SK CPNS formasi 2013 yang berjumlah 548 orang. “Kami sedang berusaha kerja. Semua sudah dalam proses. Semua harus sabar,” kata Goo. (Philemon Keiya)

Editor : Angela
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Puluhan CPNS Dogiyai Datangi BKD