Pemkot Gelar Razia KTP di Pelabuhan Jayapura

share on:
Wali Kota Jayapura Benhur Tommy Mano(Jubi/ist)
Wali Kota Jayapura Benhur Tommy Mano(Jubi/ist)

Jayapura, Jubi/Antara – Pemerintah Kota Jayapura, Papua, menggelar operasi yustisi KTP Elektronik di Pelabuhan Jayapura saat K.M. Gunung Dempo dari Jakarta bersandar di dermaga tersebut pada Jumat (7/8/2015) pagi.

 

Wali Kota Jayapura Benhur Tommy Mano di Jayapura, Jumat, mengatakan langkah itu sebagai bentuk upaya pemerintah dalam mengendalikan jumlah penduduk.

“Kami harus kendalikan jumlah penduduk di kota ini. Jangan sampai banyak penduduk yang datang tanpa memiliki administrasi kependudukan yang jelas,” ujarnya.

 

Mano mengatakan pemerintah harus dapat memastikan maksud dari kedatangan dari warga yang baru masuk ke Jayapura.

“Petugas harus tanyakan maksud dari kedatangan penumpang yang tidak memiliki KTP Jayapura, apakah dia mau berlibur atau mencari kerja di sini,” ucapnya.

Sebagai Ibu Kota Provinsi Papua, kata Mano, Kota Jayapura kini menjadi salah satu tujuan utama bagi warga dari wilayah lain dalam mencari pekerjaan.

“Boleh saja mereka mencari pekerjaan di sini, tapi mereka harus memiliki bekal keahlian khusus,” katanya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Jayapura Merlan S. Uloli menjelaskan dalam razia kali ini pihaknya melakukan penjaringan kepada penumpang K.M. Gunung Dempo yang dibagi dalam tiga jenis kartu.

“Kita sediakan tiga kartu, pertama kartu hijau bagi yang sudah memiliki KTP Elektronik Jayapura, lalu kartu kuning bagi mereka penduduk dari daerah lain yang sudah memiliki KTP Elektronik tapi mereka tetap harus melapor, ketiga kartu merah bagi penumpang yang sama sekali tidak memiliku bukti identitas diri atau penduduk Jayapura yang belum memiliki KTP Elektronik,” katanya.

Penumpang yang menerima kartu kuning dan hijau akan diproses sesuai ketentuan oleh petugas di pelabuhan.

K.M. Gunung Dempo yang berangkat dari Jakarta dengan rute Surabaya, Makassar, Ambon, Sorong, Biak, Jayapura, membawa 1.865 penumpang yang turun di Pelabuhan Jayapura.(*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemkot Gelar Razia KTP di Pelabuhan Jayapura