Lomba Drum Band Antar Pelajar Minim Peserta

share on:
Atraksi drum band yang ditampilkan oleh SMU Negeri 4 Jayapura, pada Lomba Drum Band Tingkat Pelajar se Kota Jayapura di Lapangan Kantor Walikota, Selasa (11/8/2015) – Jubi/Munir
Atraksi drum band yang ditampilkan oleh SMU Negeri 4 Jayapura, pada Lomba Drum Band Tingkat Pelajar se Kota Jayapura di Lapangan Kantor Walikota, Selasa (11/8/2015) – Jubi/Munir

Jayapura, Jubi – Dalam rangkaian kegiatan menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT-RI) ke -70, Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura melalui Dinas Pendidikan menggelar perlombaan Drum Band tingkat pelajar se Kota Jayapura di semua jenjang pendidikan.

I Wayan Mudiyasa, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Jayapura, mengatakan, inti dari kegiatan ini untuk mengekspresikan kegiatan ekstrakulikuler yang sudah didapatkan dari sekolah.

“Kegiatan ekstrakulikuler Drum Band di Kota Jayapura seperti sudah mati, maka saya angkat perlombaan Drum Band ini pada HUT Kota Jayapura beberapa waktu lalu dan pada HUT RI sekarang. Kita lombakan Drum Band mulai tingkat TK,SD,SMP dan SMA/ SMK,” kata Mudiyasa diruang kerjanya, Selasa (11/8/2015).

Diakui Mudiyasa, perserta yang mengikuti lomba drum band hanya delapan peserta. “Sangat minim sekali sekolah yang terlibat, untuk tingkat TK, SMP dan SMU/SMK masing-masing hanya satu sekolah dan untuk SD ada lima sekolah yang berpartisipasi,” katanya.

“Pada umumnya sekolah tidak siap, karena baru memasuki tahun ajaran baru dan anak-anaknya yang mahir bermain drum band banyak yang sudah tamat, sehingga tidak mudah mengganti secepat itu. Namun ada beberapa sekolah lain mereka jeli, cerdas untk memilih kelas di bawahnya yang sebelumnya sudah dilatih,” sambungnya.

Di tempat terpisah, Nurhadi, Ketua Panitia HUT RI Dinas Pendidikan Kota Jayapura juga membenarkan bahwa minimnya peserta pada kegiatan lomba Drum Band antar pelajar ini dikarenakan faktor non teknis.

“Klub drum band pelajar di Kota Jayapura ada 15 sekolah di semua jenjang pendidikan, kita sudah koordinasi dengan mereka agar dapat mengikuti lomba kali ini. Namun masalahnya ini kan baru saja selesai masa liburan, alhasil mereka sudah lama tidak latihan sehingga mereka tidak percaya diri mengikuti lomba ini,” kata Nurhadi diruang kerjanya, Selasa (11/8/2015).

“Ada juga yang para siswanya sudah lulus, sehingga perlu waktu untuk melatih anak-anak baru yang akan bergabung dalam klub drum band disekolahnya masing-masing,” sanmbungnya. (Munir)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Lomba Drum Band Antar Pelajar Minim Peserta