Pertengahan Agustus, Atap Pasar Mama Papua Diganti

share on:
Pasar Sementara Mama-Mama Papua - Jubi/Arjuna
Pasar Sementara Mama-Mama Papua – Jubi/Arjuna

Jayapura, Jubi – Rencananya pada pertengahan Agustus 2015, pemerintah provinsi melalui Dinas Pekerjaan Umum Papua akan mengganti atap tenda pasar mama-mama Papua yang sudah melewati umur rencana dan mulai rusak akibat diterpa angin dan hujan.

Pasalnya atap tenda pasar yang didatangkan dari Australia ini hanya berumur lima tahun saja. Dimana pemasangannya sudah dilakukan sejak 2010 lalu.

“Pertengahan Agustus kami akan pasang atap pasar yang sudah rusak, karena memang umur atap ini sudah melewati batas sehingga harus diganti,” kata Kepala Bidang Cipta Karya dan Air Bersih, Dinas Pekerjaan Umum Papua, Yan Ukago, di Jayapura, Selasa (11/8/2015).

Menurut ia, pemasangan atap pasar yang baru juga akan berjangka waktu lima tahun, dengan harapan jika pasar permanen telah dibangun, maka pasar sementara bisa dipakai oleh pemerintah daerah sebagai tempat pameran dan sebagainya.

“Kami sudah pesan, kemungkinan pertengahan Agustus barang barang datang dan akan dipasang ulang dengan umur rencana lima tahun lagi,” ucapnya.

Untuk pemasangan atap tenda dan perbaikan bangunan lainnya seperti penataan MCK (mandi cuci kakus), kata Ukago, pihaknya telah menyiapkan anggaran kurang lebih Rp1,5 miliar.

“Semua bahan kami datangkan dari Australia, kami ambil model tipe B yang umurnya lima tahun, meskipun ada tipe A yang jauh lebih bagus (25 tahun) tetapi sangat mahal dimana untuk per meter persegi itu bisa mencapai Rp3 juta, jadi kami ambil bahan yang sama seperti tahun lalu,” katanya.

Meskipun demikian, dirinya mengaku, dirinya akan tetap konsentrasi untuk bagaimana pasar sementara bisa berjalan terus dan bagaimana bengkel induk Pasir II bisa disiapkan agar Damri bisa pindah dan pembangunan pasar permanen bisa dilakukan.

“Saat ini seluruh ruangan sudah selesai, kita hanya harus bicara dengan satu penghuni yang ada disitu agar begitu kosong kita rapikan halaman agar bus bisa keluar masuk,” ucapnya.

Sebelumnya, puluhan mama – mama pedagang asli Papua yang tergabung dalam Solidaritas Pedagangan Asli Papua (Solpap) menuntut perhatian pemerintah dan parlemen setempat. Para mama – mama Papua itu mendatangi kantor DPR Papua, Selasa (14/4/2015).

Mereka menuntut adanya perhatian dari pihak terkait mengenai kondisi atap tenda pasar sementara yang mereka tempati di Jalan Percetakan, Kota Jayapura, kini sobek dan tak layak pakai lagi. (Alexander Loen)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pertengahan Agustus, Atap Pasar Mama Papua Diganti