Masalah Miras Jadi Bahan Diskusi Forum Lintas Agama

share on:
minuman
Miras yang diamankan. Jubi/Frans L Kobun

Merauke, Jubi -Wakil Bupati Merauke, Sunarjo membahas masalah minuman keras (miras), terutama sopi dalam pertemuan bersama Forum Lintas Agama. Karena berbagai kasus kriminalitas yang terjadi, dilatarbelakangi oleh pengaruh minuman beralkohol.

“Memang kalau kita ikuti perkembangan termasuk pemberitaan setiap hari, sering ditemukan adanya beberapa kasus seperti perkelahian, pemerkosaan dan beberapa tindak kriminal lain. Itu diakibatkan oleh orang meneguk minuman keras terlebih dahulu,” kata Sunarjo Kamis (13/8/2015).

Untuk memberantas pembuatan dan penjualan miras jenis sopi itu, demikian Sunarjo, langkah yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke adalah melakukan koordinasi secara kontinyu bersama aparat kepolisian, agar dilakukan operasi secara terus menerus.

Kapolres Merauke, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Sri Satyatama menjelaskan, aparat kepolisian tidak tinggal diam begitu saja dalam melakukan operasi penertiban minuman keras jenis sopi maupun minuman dari luar.

“Memang tidak dapat dipungkiri bahwa banyak kasus kriminalitas yang terjadi akibat orang mengkonsumsi miras jenis sopi. Ketika sudah dalam keadaan mabuk, mereka akan nekad melakukan apa saja, tanpa berpikir panjang,” ujarnya.

Ditambahkan, kegiatan operasi terus dilakukan secara rutin dari waktu ke waktu. “Kita tidak hanya beroperasi di tempat penjualan, tetapi lokasi yang sering dijadikan sebagai tempat produksi. Sudah banyak yang dibasmi,” tegasnya. (Frans L Kobun)

Editor : Angela
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Masalah Miras Jadi Bahan Diskusi Forum Lintas Agama