Polres Merauke Lakukan Simulasi Pengamanan Pilkada

share on:

 

Aparat kepolisian sedang halau massa saat simulasi di Kantor KPU Merauke. Jubi/Frans L Kobun
Aparat kepolisian sedang halau massa saat simulasi di Kantor KPU Merauke. Jubi/Frans L Kobun

Merauke, Jubi- Ratusan anggota dari Polres dan Brimob melakukan simulasi pengamanan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Merauke. Simulasi tersebut tidak lain untuk mengantisipasi adanya massa yang melakukan aksi demonstrasi dan berusaha melakukan tindakan-tindakan anarkhis seperti di daerah lain.

Wakapolres Merauke, Komisaris Polisi (Kompol) Muhzin Neungkela saat ditemui sejumlah wartawan usai simulasi Rabu (12/8/2015) mengatakan, dalam kegiatan itu, disimulasikan sekelompok massa melakukan aksi demonstrasi dan tak menerima hasil, langkah yang dilakukan adalah dengan membubarkan. Karena tidak diberikan izin oleh kepolisian.

Namun, lanjut Wakapolres, massa tetap bertahan dan melakukan aksi. Sehingga dilakukan negosiasi lagi. Namun, tidak diresponi juga. Selanjutnya pasukan Dalmas dikerahkan. Ketika tak digubris, Brimob mengambil langkah. Jika aksi mereka tetap dilakukan, disemprot dengan water canon hingga sampai kepada penembakan dengan menggunakan gas air mata dan peluru karet sekaligus provokatornya ditangkap dan menjalani pemeriksaan.

“Jadi, beberapa tahapan tersebut harus dilakukan. Sehingga pada saat benar-benar ada aksi brutal yang dilakukan massa, anggota kepolisian serta brimob sudah memiliki bayangan jelas untuk bagaimana melakukan pengamanan,” ungkapnya.

Ditambahkan, simulasi yang dilakukan selain untuk mengamankan Ketua KPU bersama empat anggotanya, juga aset bangunan kantor serta dokumen lain. Jangan sampai massa bersikap brutal membakar, seperti di daerah lain.

Wakil Bupati Merauke, Sunarjo dalam kesempatan itu mengatakan, pengamanan terhadap Kantor KPU Merauke sangat perlu dilakukan, karena menjadi perhatian masyarakat luas pada saat pelaksanaan Pilkada hingga penetapan pemenang. “Saya kira apa yang dilakukan aparat kepolisian sudah sangat tepat untuk mengantisipasi jangan sampai adanya gangguan,” ujarnya. (Frans L Kobun)

 

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Polres Merauke Lakukan Simulasi Pengamanan Pilkada