Pemadaman Listrik di Distrik Kemtuk Gresik, Terjadi Karena Jaringan Kotor

share on:
Merry Lauw, Manajer PLN Area Jayapura – Jubi/Munir
Merry Lauw, Manajer PLN Area Jayapura – Jubi/Munir

Jayapura, Jubi – Adanya pemadaman listrik yang terjadi di Distrik Kemtuk Gresik, Kabupaten Jayapura, Merry Lauw, Kepala PLN Area Jayapura, mengatakan khusus untuk Rayon Genyem sebenarnya sudah dapat menjangkau hampir sebagian besar masyarakat yang berada kampung – kampung sekitar Distrik Kemtuk Gresik. Hanya saja selama ini yang menjadi pesoalan adalah jaringan distribusi terganggu.

 

“Akibat dari itu, ada beberapa kampung yang memang jaringannya sangat kotor terganggu oleh rimbunnya pepohonan, sehingga perlu dilakukan pemeliharaan dan pembersihan jaringan,” kata Lauw seusai Upacara HUT-RI ke-70 di Jayapura, Senin(17/8/2015).

 

Lanjutnya, pada beberapa waktu lalu telah dilakukan koordinasi dengan kepala – kepala kampung, bersama dengan masyarakat dan dipastikan dalam waktu dekat ini sudah dilakukan pembersihan jaringan.

Karena jaringan menuju Genyem sangat jauh, dan disekitarnya banyak rimbunan pohon, sehingga diakui untuk pengerjaannya membutuhkan tenaga ekstra. Dan dipastikan satu dua hari kedepan, kampung yang mengalami pemadaman sudah bisa menikmati lagi listrik.

”Kami janji setelah tanggal 17 Agustus ini kami turun untuk membersihkan. Karena jaraknya cukup jauh dan antar satu kampung dengan kampung lainnya begitu jauh sehingga butuh tenaga ekstra. Kalau sudah dibersihkan, satu dua hari sudah bisa menyala,” ungkapnya.

Sebelumnya, masyarakat tiga kampung di Distrik Kemtuk Gresik, Kabupaten Jayapura mengeluhkan pemadaman listrik yang terjadi di wilayah itu, selama satu minggu bahkan belum ada kepastian dari PLN soal kapan masyarakat bisa menikmati terangnya listrik.

Tiga kampung yang selama satu minggu hanya menggunakan pelita sebagai penerang itu adalah Kampung Aimbe, Skori, Sabiap. Menurut salah satu warga kampung Skori, Yotam Magon,belum diketahui penyebab pemadaman. Kendati demikian, masyarakat tidak terlalu kuatir sebab sebelumnya lampu di daerah itu sering mati menyala sehingga warga sudah menyediakan lilin sebagai alternative penerangan.

“Lampu sudah mati dari minggu lalu, sudah hampir satu minggu. Rabu (12/8/2015) yang lalu sempat menyala, tapi hanya 2 menit kemudian padam sampai hari ini,” kata Yotam di Jayapura, Minggu (16/8/2015). (Munir)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemadaman Listrik di Distrik Kemtuk Gresik, Terjadi Karena Jaringan Kotor