150 Anak Papua Barat Peroleh Beasiswa Pendidikan Adem

share on:

Manokwari, Jubi/Antara – Sebanyak 150 anak lulusan SMP di Provinsi Papua Barat mendapatkan beasiswa pemerintah pusat, Afirmasi Pendidikan Menengah (Adem) untuk melanjutkan pendidikan di Provinsi Bali dan Banten.

“150 anak Papua Barat ini dibiayai oleh pemerintah lewat program nasional Afirmasi Pendidikan Menengah,” ujar Direktur Penataan Daerah Otonomi Khusus Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Teguh Setyabudi di Manokwari, Selasa (18/8/2015).

Program Adem merupakan salah satu kebijakan khusus dan upaya pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang didorong oleh Kementerian Dalam Negeri dalam rangka meningkatkan pendidikan di Indonesia termasuk di Papua.

Program Adem tahun ini Provinsi Papua Barat berjumlah 150 anak yang terdiri dari dua klaster yakni klaster Manokwari sebanyak 70 anak dan klaster Sorong sebanyak 80 anak.

Program Adem di Provinsi Papua Barat memprioritaskan anak asli Papua yang berasal dari keluarga ekonomi lemah namun sehat serta mempunyai potensi dan kemampuan untuk berkembang maju.

“Tahun ini 70 anak dari klaster Manokwari dikirim ke Bali dan 80 anak klaster Sorong dikirim ke Banten,” ujarnya.

Anak-anak Papua Barat itu akan bersekolah pada SMA yang kualitasnya jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan sekolah-sekolah SMA yang ada di Papua Barat, tambahnya.

Biaya hidup dan biaya sekolah anak itu ditanggung oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Biaya hidup disalurkan langsung ke rekening masing-masing anak sedangkan biaya sekolah disalurkan ke sekolah tempat anak tersebut sekolah.

Diharapkan 150 anak Papua Barat itu dapat menempuh pendidikan hingga selesai dengan baik serta memperoleh prestasi untuk masa depan Papua. (*)

Editor :
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  150 Anak Papua Barat Peroleh Beasiswa Pendidikan Adem