2016, Dishub Anggarkan Dana Untuk Pendidikan Manager Stasiun

share on:
Kepala Dinas Perhubungan Papua, Yusuf Yambe Yabdi Saat Berbicang Dengan Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal - Jubi/Alex
Kepala Dinas Perhubungan Papua, Yusuf Yambe Yabdi Saat Berbicang Dengan Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Tahun depan (2016), Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Papua akan mengalokasikan anggaran untuk pelatihan dan pendidikan manager stasiun di Madiun, Jawa Timur.

“Jadi, kami akan buka pendaftaran untuk 10 orang calon stasiun manager yang nantinya akan menempuh pendidikan D3,” kata Kepala Dinas Perhubungan Papua, Yusuf Yambe Yabdi, di Jayapura, Selasa (18/8/2015).

Menurut ia, untuk pendidikan manager stasiun, Dinas Perhubungan akan bekerjasa dengan Biro Pengembangan Sumber Daya Manusia Papua.

“Kalau untuk manager stasiun, kami harus merekrut tenaga baru untuk belajar khusus di Madiun,” ucapnya.

Program yang sama, ujar Yusuf, juga dilakukan Kementerian Perhubungan memalui Direktorat Kereta Api, namun pihaknya tetap memberikan penyangga dengan tenaga lokal untuk kebutuhan Papua kedepan.

“Karena program kereta api untuk Jayapura-Sarmi merupakan program dari kementerian maka tentu bersamaan dengan manajemen SDM nya, tetapi sebagai daerah yang nantinya mengoperasikan itu, kami diperintahkan oleh Gubernur supaya mengantisipasi dengan menyiapkan SDM perkereta apian terutama manager stasiun,” katanya.

Sementara untuk SDM di dalam stasiun, Yusuf katakan, dirinya akan optimalkan pegawai yang ada di Dinas Perhubungan karena sudah miliki dasar, tinggal diikutkan kursus untuk menambah ilmu sehinga bisa mengoperasikan.

“Yang tersulit adalah stasiun manager, dan tidak semua stasiun manager yang ada di Jawa itu mau bertugas di Papua, apalagi jalur kereta akan melewati beberapa daerah tertutup. Jadi lebih baik orang lokal yang diberdayakan,” kata Yusuf.

Sebelumnya, Kepala Badan Percepatan Pembangunan Kawasan Papua (BP2KP) Omah Laduani Ladamay menargetkan 2017, pemerintah Pusat sudah bisa melakukan peletakan batu pertama pembangunan jalur kereta api di Papua.

“2017 Pemerintah Pusat dan Papua akan memulai kajian tahap awal pembangunan kereta api di Papua. Untuk itu, kami harapkan peletakan batu pertama bisa dilakukan,” kata Laduani Ladamay. (Alexander Loen)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  2016, Dishub Anggarkan Dana Untuk Pendidikan Manager Stasiun