Mobilisasi Masyarakat ke Festival Ndambu Lewat Laut Dan Udara

share on:
Festival Ndambu 2014 - Jubi/Frans L Jobun
Festival Ndambu 2014 – Jubi/Frans L Jobun

Merauke, Jubi – Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Merauke, Jakobus Duwiri mengatakan, mobilisasi masyarakat dari kota yang akan mengikuti pelaksanaan Festival Ndambu di Distrik Kimaam adalah melalui jalur laut maupun udara. Mobilisasi sudah berlangsung dalam beberapa hari terakhir.

Demikian disampaikan Duwiri ketika dihubungi Jubi melalui telepon selulernya Rabu (19/8/2015). “Tadi siang, kapal milik Angkatan Laut, sudah bergerak ke Kimaam mengangkut masyarakat untuk mengikuti pelaksanaan Ndambu yang berlangsung pada 20 hingga 23 Agustus 2015,” katanya.

Selain itu, lanjut Duwiri, pesawat yang melakukan pelayanan selama beberapa kali dalam sehari dengan membawa tamu dan undangan lain untuk mengikuti Festival Ndambu.

Sesuai rencana, katanya, Bupati Merauke, Romanus Mbaraka bersama para Muspida akan ke Kimaam besok siang sekaligus malamnya dilakukan pembukaan Festival Ndambu.

Ditambahkan, mobilisasi masyarakat di kampung-kampung, terutama di empat distrik di Pulau Kimaam, menggunakan kurang lebih 17 unit kapal. Saat ini, mobilisasi sedang dilakukan dan sebagian besar masyarakat dari kampung-kampung, telah berada di Ibu kota Distrik Kimaam.

Salah seorang panitia, Dominikus Ulukyanan sebelumnya mengatakan, anggaran yang dialokasi untuk pelaksanaan Festival Ndambu adalah Rp 3 miliar. Sementara dalam pelaksanaannya semua kepala distrik dilibatkan secara langsung. Jadi, dana diserahkan ke tiap distrik untuk mengatur mobilisasi masyarakat. (Frans L Kobun)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Mobilisasi Masyarakat ke Festival Ndambu Lewat Laut Dan Udara