Hari ini Mensos ke Jayapura Cek Dana PSKS 6,5 Miliar

share on:
Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa  (Jubi/Istimewa/Saldi)
Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa (Jubi/Istimewa/Saldi)

Timika, Jubi – Menteri Sosial (Mensos), Khofifah Indar Parawansa pagi ini Jumat (21/8/2015) bertolak dari Timika ke Jayapura untuk memastikan Dana Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) Kementerian Sosial milik warga Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin) yang ikut dalam musibah jatuhnya pesawat Trigana Air, akan tetap dicairkan PT Pos.

“Hari ini saya berangkat ke Jayapura, kebetulan Dirut PT Pos juga ada di Jayapura, sekaligus untuk memastikan serta berkoordinasi dengan Dirut PT Pos. Terutama, terkait dana PSKS yang jatuh dalam musibah pesawat Trigana Air,” ujar Khofifah Indar Parawansa, Jumat (21/8/2015) pagi.

Dikatakan, banyak pemberitaan soal dana PSKS senilai Rp 6,5 miliar, sehingga, untuk memastikan warga Pegunungan Bintang bisa menerima haknya, Khofifah harus bertemu dengan dirut PT Pos yang kebetulan berada di Jayapura.

Dijelaskan Khofifah, dana PSKS dari Kementerian Sosial (Kemensos) senilai Rp 9,8 triliun, seluruhnya telah ditransfer ke PT Pos. Sedangkan, untuk mekanisme distribusinya, seluruhnya diserahkan Kemensos kepada PT Pos, karena PT Pos sebagai pemenang tunggal tender distribusi dana PSKS hingga ke pelosok nusantara.

“Mekanisme distribusinya, apakah ditransfer, apakah dibawa cash, apakah berbasis kantor Pos ataukah berbasis kominitas. Semua kewenangan ada di PT Pos,” jelasnya.

Dana PSKS yang jatuh bersama pesawat Trigana Air itu, menurut Informasi yang diketahui Khofifah, sudah diasuransikan PT Pos, sehingga pencairan akan segera dilakukan. Mensos berharap warga Pengunungan Bintang bisa sabar dengan proses yang sedang dilakukan oleh PT Pos.

“Sambil proses klaim berjalan, PT Pos akan segera mencairkan ke penerima dana PSKS. Jadi, seluruh warga Kabupaten Pengunungan Bintang haknya tetap akan segera dicairkan oleh PT Pos,” terangnya.

Sebelumnya, dalam pemberitaan Jubi, dilaporkan dana Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) sebesar Rp6,5 miliar untuk masyarakat Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua ditemukan pada reruntuhan Pesawat Trigana Air yang jatuh di Distrik Oksibil.

Uang tersebut ditemukan oleh Tim SAR darat yang terjun ke lokasi jatuhnya pesawat di Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang.
(Eveerth Joumilena)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Hari ini Mensos ke Jayapura Cek Dana PSKS 6,5 Miliar