KemenPPPA Dorong Seluruh Kabupaten-Kota Layak Anak

share on:
Salah satu atraksi yang dilakukan PAUD dalam rangka Hari Anak Nasional di Kabupaten Jayapura-Jubi/Sindung
Salah satu atraksi yang dilakukan PAUD dalam rangka Hari Anak Nasional di Kabupaten Jayapura-Jubi/Sindung

Jayapura, Jubi – Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) terus mendorong semua kabupaten/kota di seluruh Indonesia untuk menindaklanjuti undang-undang perlindungan anak dengan menginisiasinya kepada semua sendi menuju kabupaten/kota layak anak.

“Tidak hanya dalam bidang pendidikan saja, akan tetapi ada 31 indikator yang harus dipenuhi untuk menjadi kota/kabupaten layak anak, 264 kabupaten/kota di Indonesia telah berkomitmen serius untuk menginisiasi UU Perlindungan Anak,” kata Mentri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Yohana Yembise, usai mengikuti perayaan Hari Anak Nasional ke-31 di Kabupaten Jayapura, Jumat (21/8/2015)

Ia mengakui di Papua mempunyai kebiasaan melakukan tindakan kekerasan terhadap anak. Maka dari itu, dengan adanya undang-undang tersebut nanti orangtua diharapkan memahami dan menekankan perlindungan terhadap anak serta melihat hak-hak anak, seperti bermain, bersekolah, berpartisipasi dan berekspresi.
“Inisiasi kota layak anak ini harus ditindaklanjuti secara serius oleh Pak Bupati,” ujarnya.

Mentri Yembise juga sudah membentuk tim khusus di kementriannya guna melakukan studi kasus terhadap kekerasan seksual kepada anak yang saat ini banyak terjadi dan dilaporkan ke pihaknya. “Saya suruh mereka untuk studi kasus ke Lapas, rumah sakit dan Polres yang ada dan mencari akar permasalahan kekerasan seksual anak pada khususnya. Apakah masalah perubahan teknologi yang gencar menyasar anak,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Jayapura Mathius Awaitou menegaskan bahwa perwujudan Kota Layak Anak akan terus dilakukan Kabupaten Jayapura kedepan. “Karena itu, pasti Pemerintah mulai dari pusat hingga ke daerah meratifikasi piagam PBB terutama hak-hak perlindungan anak maka di Kabupaten Jayapura melaksanakan hal tersebut.” ujarnya.

Ia juga menegaskan perwujudan Kota Layak Anak dan Gerakan Bebas Prostitusi bukan merupakan keinginan pemerintah Kabupaten Jayapura semata akan tetapi merupakan dukungan dari seluruh komponen masyarakat. (Sindung Sukoco)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  KemenPPPA Dorong Seluruh Kabupaten-Kota Layak Anak