Pemprov Papua Dukung GEMARIKAN

share on:
Pasar Ikan di Hamadi, Kota Jayapura -Jubi/Sindung
Pasar Ikan di Hamadi, Kota Jayapura -Jubi/Sindung

Jayapura, Jubi – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Papua, Frengky Wally mengatakan pemerintah provinsi Papua sangat mendukung Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) yang telah dicanangkan pemerintah Pusat.

“Kami sangat dukung program tersebut, meskipun tingkat komsumsi ikan telah mencapai 35.87 kg/kapita/tahun,” kata Frengky Wally saat membuka Bazar Kuliner Aneka Masakan Hasil Perikanan Provinsi Papua, di halaman GOR Jayapura, Jumat (21/8/2015).

Menurut ia, angka tingkat komsumsi ikan di Papua sudah berada diatas tingkat komsumsi ikan nasional 35,21 kilogram per kapita per tahun. Dimana hal ini didominasi oleh kabupaten dan kota yang berada di pesisir.

“Sedangkan di wilayah Pegunungan dan pedalaman, tingkat komsumsi ikannya masih sangat rendah,” ucapnya.

Frengky menjelaskan, ikan miliki unsur gizi yang sangat berkualitas sehingga masyarakat internasional menamakan ikan sebagai ‘Smart Nutrient’ karena mengandung protein berkisar 15 sampai dengan 25 persen, sementara lemak tak jenuh seperti Omega 3, EPA dan DHA serta senyawa lain yang penting untuk kecerdasan otak manusia dan mencegah penyakit degeneratif.

“Untuk itu, perlu diupayakan sinergritas kekuatan sumber daya pembangunan baik pemerintah pusat, daerah maupun pemerintah kabupaten/kota untuk memasyarakatkan makan ikan melalui ajang promosi,” ucapnya.

Sementara untuk mendukung gerakan tersebut, kata Frengky, pihaknya akan menitik beratkan pada penguatan ketersediaan ikan, memfasilitasi kemudahan masyarakat dalam mengakses produk perikanan serta mendorong peningkatan konsumsi ikan nasional yang bermutu dan aman melalui kegiatan bazar.

“Kami ingin membuka pola pikir masyarakat untuk gemar makan ikan, karena ikan sangat bergizi dan baik bagi kecerdasan otak anak,” katanya lagi.

Sebelumnya, Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Sekda Papua, Elia Loupatty menilai perlu ada upaya yang melibatkan komponen terkait untuk mempercepat peningkatan konsumsi dan pemerataan distribusi ikan di wilayah Papua.

Untuk itu, lanjutnya, pembentukkan Foum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Daerah Papua dirasa sangat membantu usaha tersebut, terlebih jika para pengurus yang nantinya akan dipilih dapat bekerja dengan sebaik-baiknya demi peningkatan dan pemerataan konsumsi Ikan di seluruh wilayah Papua. (Alexander Loen)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemprov Papua Dukung GEMARIKAN