Dana Kampanye Paslon Gubernur Maksimal Rp 15 Miliar

share on:

Padang, Jubi/Antara – Dana kampanye dua Pasangan Calon (Paslon) gubernur dan wakil gubernur Sumatera Barat (Sumbar) masing-masingnya maksimal sebesar Rp 15 miliar dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2015.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar, Amnasmen, di Padang, Minggu (23/8/2015), mengatakan besaran maksimal dana kampanye tersebut merupakan hasil kesepakatan dan mengacu pada Undang-Undang Pemilu.

“Besar dana tersebut merupakan batasan yang sudah ditetapkan Undang-Undang, jumlah itu merupakan besaran maksimal,” katanya.

Ia menjelaskan penggunaan dana tersebut wewenang sepenuhnya ada pada pada tim sukes Paslon Irwan Prayitno-Nasrul Abit dan Muslim Kasim-Fauzi Bahar, namun dana itu tidak diperbolehkan untuk membuat Alat Peraga Kampanye (APK).

“Dana itu hanya diizinkan untuk kegiatan kampanye, bukan untuk membuat APK,” katanya.

Ia menambahkan, untuk pembuatan APK pasangan calon tersebut, sepenuhnya akan menjadi tanggung jawab KPU Sumbar, termasuk bahan kampanye dan iklan dari masing-masing pasangan calon.

Ia menyebutkan, untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumbar, KPU menyiapkan tiga jenis APK, yakni, baliho, spanduk, dan umbul-umbul.

Lebih lanjut, ia menambahkan selama melakukan kampanye penggunaan dana kampanye tidak diperbolehkan melebihi dari Rp 15 miliar tersebut.

“Jika ada pasangan calon yang melebihi dari Rp 15 miliar dana kampanyenya, pasangan tersebut akan dibatalkan pencalonannya,” katanya.

Menyinggung laporan penggunaan dana kampanye tersebut, Amnasmen menyebutkan masing-masing tim sukses harus mentaati aturan dalam memberikan laporan dana kampanye itu.

“Termasuk adanya sumbangan dari pihak ketiga terhadap pasangan calon,” katanya.

Sementara itu, Ketua Bidang Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumbar, Elly Yanti mengatakan pihaknya akan mulai melakukan pengawasan ketat terhadap APK liar yang dibuat dengan sengaja oleh masing-masing tim sukses.

“Kami akan menindak APK yang diluar dari ketentuan KPU, hal itu harus menjadi catatan penting setiap tim sukses pasangan calon,” katanya. (*)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Dana Kampanye Paslon Gubernur Maksimal Rp 15 Miliar