Hindari Macet, Perlu Jalan Alternatif Bandara-Pelabuhan

share on:
Nody J. Rampi, Kepala Dinas PU Kota Jayapura - Jubi/Munir
Nody J. Rampi, Kepala Dinas PU Kota Jayapura – Jubi/Munir

Jayapura, Jubi – Kota Jayapura masih memerlukan jalan alternatif yang menghubungkan pelabuhan laut dan bandar udara untuk menghindari kemacetan.

Menurut Nofdy J. Rampi, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Jayapura, saat ini hanya ada satu jalan utama yang menghubungkan Kabupaten Jayapura (Sentani) dan Kota Jayapura yaitu Jalan Raya Abepura-Sentani.

“Bandara ada di Sentani dan pelabuhan ada di Kota Jayapura orang mau ke pelabuhan ataupun ke bandara hanya bisa melewati jalan Abepura-Sentani. Sementara jumlah kendaraan dengan lebar ruas jalan tidak memadai, sehingga kemacetan tidak bisa terhindarkan,” kata Rampi di Kota Jayapura, Sabtu (22/8/2015).

Menurutnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua, Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, harus memikirkan untuk membuat jalan alternatif guna mengatasi kemacetan yang kerap terjadi di Kota Jayapura. “Kita bisa lihat sendiri setiap hari selalu ada kemacetan yang terjadi di Jalan Raya Abepura-Sentani,” katanya.

“Mungkin pemerintah harus mulai memikirkan untuk membuat jalan alternatif, dulu pernah ada gagasan untuk membuat jalan alternatif dari Angkasa (Distrik Jayapura Utara) menyusuri pinggir pantai dan bisa langsung tembus ke Sentani mengikuti Ormo (Kabupaten Jayapura) sehingga nantinya masyarakat memiliki pilihan alternatif agar tidak terjebak dalam kemacetan,” lanjutnya.

Namun pembangunan jalan ini, kata Rampi, perlu saling koordinasi antara Pemkab Jayapura, Pemkot Jayapura dan Pemprov Papua, sebab simbol penarik dari kota dan kabupaten ada pada bandara dan pelabuhan.

“Arus urbanisasi dan transmigrasi ‘kan masuknya dari bandara dan pelabuhan–sudah seharusnya sejak saat ini kita memikirkan tentang hal itu,” katanya.

Sebelumnya, Mesak Iek, Pengamat Transportasi Universitas Cenderawasih (Uncen) yang juga Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Uncen mengatakan pemerintah sudah seharusnya memikirkan untuk membuat jalan alternatif untuk mengurangi kemacetan yang terjadi di Kota Jayapura.

“Saya pikir jalan anternatif yang sudah ada dari Perumnas III Waena tembus ke Kota Jayapura perlu ditingkatkan, dan juga pemerintah harus mulai memikirkan bagaimana membuat jalan alternatif lain yang menghubungkan Kota Jayapura dan Sentani,” kata Iek.

“Sehingga kemacetan yang terjadi di jalan utama yang menghubungkan Sentani dan Kota Jayapura bisa dikurangi,” lanjut Mesa. (Munir)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Hindari Macet, Perlu Jalan Alternatif Bandara-Pelabuhan