Blokade Kaledonia Baru Akan Terus Berlanjut

share on:
Sebuah foto yang diambil pada 19 Agustus 2015 di Noumea menunjukkan truk memblokir bundaran Riviere Salee - AFP
Sebuah foto yang diambil pada 19 Agustus 2015 di Noumea menunjukkan truk memblokir bundaran Riviere Salee – AFP

Jayapura, Jubi – Gangguan lalu lintas dan bisnis kembali melanda Noumea awal pekan ini atas dampak dari aksi blokade melumpuhkan ibukota Kaledonia Baru. Aksi protes para supir truk tambang nikel itu dinyatakan akan terus berlanjut dalam pekan ini.

Beberapa akses ke situs diperkirakan akan diblokir dari awal pagi ini oleh pengemudi truk yang tidak bisa menerima keputusan pemerintah dalam negosiasi Jumat pekan lalu. Pemerintah mengatakan tidak akan mengizinkan atau membiarkan ekspor bijih nikel kelas rendah ke China.

Pekan lalu, para supir truk tambang memblokir semua rute utama ke kota selama sehari penuh, sehingga hanya kendaraan darurat saja yang bisa melalui blockade truk-truk tersebut. Atas penutupan itu,banyak bisnis pada hari Jumat yang ditutup.

Radio New Zealand melaporkan, pada Jumat malam, seorang pria muda meninggal dalam kecelakaan mobil yang melibatkan salah satu blokade. Masa dari blockade itu mendorong presiden pemerintah New Caledonian, Philippe Germain, untuk menyerukan kembali dan memberikan penghormatan kepada keluarga yang berduka.

Wakil presiden dari serikat pekerja CotrankMine, Wilfrid Mai, mengatakan ia tidak akan menerima negosiasi baru tanpa kehadiran Daniel Goa, presiden Caledonian Union, untuk mengambil peran sebagai mediator. (Yuliana Lantipo)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Blokade Kaledonia Baru Akan Terus Berlanjut