Anggota DPRP Dapil V Temukan Berbagai Masalah di Yahukimo

share on:
Para Anggota DPR Papua dari Dapil V - Jubi/Arjuna
Para Anggota DPR Papua dari Dapil V – Jubi/Arjuna

Jayapura, Jubi – Anggota DPR Papua dari Dapil V yakni Yahukimo, Yalimo, dan Pegunungan Bintang menemukan berbagai kendala di Kabupaten Yahukimo. Hal itu berdasarkan laporan dari masyarakat.

Salah satu anggota DPR Papua Dapil V, Natan Pahabol mengatakan, ada beberapa aspirasi masyarakat yang disampaikan ke pihaknya, mengenai pembangunan di wilayah itu selama Ones Pahabol memimpin di Yahukimo selama 10 tahun.

“Hal yang disampaikan masyarakat Yahukimo, pertama penyelenggaran pemerintahan tak transparan, dan akuntabel. Misalnya setiap kampung ada dua kepala kampung. Ada yang ditunjuk pakai nota dinas bupati. Begitu juga dengan kepala distrik. Ada ang ditunjuk bupati jelang Pileg 2014 lalu. Sekda Yahukimo juga hanya pakai nota dinas. Statusnya belum jelas. Berarti SKPD juga kacau,” kata Natan, Selasa (25/8/2015).

Selain itu menurutnya, unsur pimpinan DPRD Yahukimo juga belum dilantik hingga kini. Bupati Yahukimo, Ones Pahabol yang juga ketua Golkar Yahukimo, belum mengusulkan siapa yang akan jadi ketua DPRD.

“Kini fungsi pengawasan, legislasi tak jalan. Berarti semua dipegang bupati. Apa jadinya kalau begitu. Berarti anggaran digunakan tak melalui persetujuan DPRD. Anggaran digunakan atas kewenangan bupati,” ucapnya.

Ia berharap, Pemprov Papua segera turun tangan melihat penggunaan anggaran di Yahukimo selama beberapa tahun karena proyek tak jalan,” katanya.

Hal yang sama dikatakan anggota DPR Papua Dapil V lainnya, Lazarus Sieb. Katanya di Yahukimo 51 distrik. Namun ada kantor distrik tapi tak ada penyelenggaraan pemerintahan.

“Kantor sudah lapuk, mau roboh, jadi sebelum masa kepemimpinan Ones Pahabol berakhir, semua harus diperbaiki. Saya sarankan gubernur menseriusi masalah di Yahukimo. Semua pejabat di luar daerah. Alasannya melanjutkan pendidikan. Di Yahukimo tinggal pegawai biasa,” kata Lazarus Sieb. (Arjuna Pademme)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Anggota DPRP Dapil V Temukan Berbagai Masalah di Yahukimo