BPMK Pantau Penyaluran Dana Desa ke Kabupaten

share on:
Kepala Biro Pemerintahan Masyarakat Kampung (BPMK) Papua, Donatus Motte - Jubi/Alex
Kepala Biro Pemerintahan Masyarakat Kampung (BPMK) Papua, Donatus Motte – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Kampung (BPMK) Papua mengaku, pihaknya akan terus memantau penyaluran dana desa dari pemerintah pusat ke 29 kabupaten/kota di Bumi Cenderawasih.

“Kami tetap melakukan pemantauan terhadap penyaluran dana desa agar tidak salah digunakan,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Kampung Provinsi Papua, Donatus Motte, di Jayapura, Rabu (26/8/2015).

Menurut Motte, 29 kabupaten/kota telah miliki peraturan daerah (Perbup) tentang penyaluran dana desa, sehingga dana segara dari Kementerian Keuangan ke kas daerah tinggal di tranfer ke rekening pemerintahan kampung setiap daerah.

“Kami harap Perbup tersebut harus sesuai dengan jumlah kampung, jangan dilapangan hanya 30 kampung tetapi di Perbup 70 kampung,” ucapnya.

Sementara untuk Kabupaten Puncak yang awalnya dianggap paling telat dalam persiapan, kini penyaluran dana desa sudah masuk kas daerah.

“Penyaluran dana desa dari Kementerian Keuangan telah masuk ke kas daerah. Kini tinggal penyaluran dana ke rekening pemerintahan kampung saja, kami harap penyaluran dapat dimaksimalkan dengan baik guna meningkatkan kesejahteraan rakyat,” kata Motte.

Ditambahkannya, dana desa tidak hanya diperuntukan untuk pembangunan fisik saja, tetapi diharapkan ada pemberdayaan yang berujung pada peningkatan ekonomi masyarakat kampung.

Sebelumnya, Bupati Jayawijaya, John Wempi Wetipo mengaku dana desa untuk daerahnya sudah disalurkan ke rekening 328 kampung dan 40 distrik. Hal itu dilakukan karena sudah menjadi APBD kampung dan perangkat yang ada sudah siap.

“Dana desa kita sudah tranfer ke rekening kampung, dengan harapan dana yang sudah diberikan bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat,” kata Wetipo, Rabu (15/7/2015). (Alexander Loen)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  BPMK Pantau Penyaluran Dana Desa ke Kabupaten