Komisi I DPR Papua akan Fasilitasi Penyelesaian Tanah Transmigrasi

share on:
Anggota Komisi I DPR Papua, Kusmanto - Jubi/Doc
Anggota Komisi I DPR Papua, Kusmanto – Jubi/Doc

 

Jayapura, Jubi – Komisi I DPR Papua yang membidangi masalah tanah berjanji akan menfasilitasi penyelesaian masalah tanah ulayat yang dijadikan lahan transmigrasi di Distrik Nimbokran dan Namblong, Kabupaten Jayapura.

Anggota Komisi I DPR Papua, Kusmanto mengatakan, kini masyarakat transmigrasi di distrik itu tak bisa lagi menggarap lahan mereka, lantaran bersengketa dengan para pemilik ulayat.

“Kami akan berkoordinasi dengan semua pihak terkait. Baik Pemprov Papua dan Kabupaten Jayapura, bahkan Pemerintah Pusat. Kami akan membantu menfasilitasi penyelesaian tanah itu, agar dikemudian hari tak ada lagi masalah,” kata Kusmato, Rabu (26/8/2015).

Menurutnya, sejak menempati lokasi trasmingari itu beberapa tahun lalu, para warga trans tak menduga akan ada masalah seperti ini. Mereka hanya tahu, setiap keluarga mendapat lahan seluas dua hektar.

“Tapi belakangan ini tanah-tanah mereka diklaim pemilik hak ulayat. Kini warga trans ingin masalah itu segera selesai. Kami akan koordinasi dengan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Transmigrasi  maupun Kementerian Dalam Negeri, karena ini domainnya mereka,” ucapnya.

Pada suatu kesempatan, anggota Komisi I lainnya, Laurenzus Kadepa mengatakan, pemerintah harus menghargai hak – hak masyarakat adat Papua. Katanya, jangan menyepelehkan masalah hak ulayat masyarakat adat. (Arjuna Pademme)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Komisi I DPR Papua akan Fasilitasi Penyelesaian Tanah Transmigrasi