Pemkot Jayapura Mulai Mendata Aset Daerah

share on:
salah satu asset yang akan ikut didata dalam sensus asset di Kota jayapura-Jubi/Sindung
salah satu asset yang akan ikut didata dalam sensus asset di Kota jayapura-Jubi/Sindung

Jayapura, Jubi – Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura mulai mendata sejumlah Barang Milik Daerah (BMD) sebelum akhir tahun ini.

“Kita berharap itu kalau sampai selesai, sebelum akhir tahun karena memang namanya sensus itu tidak akan cepat,” ujar Kepala Badan Keuangan Asset Daerah Kota Jayapura, Adolf Siahay kepada Jubi, Jumat (28/8/2015).

Ia mengatakan, sensus pengelolaan BMD akan dimulai dari SKPD untuk diidentifikasi–SKPD memverifikasi lalu melaporkannya ke BPKAD dan bakal dibanti tim penilai.

“Kita akan bentuk nilai wajar sebagaimana rekomendasi BPK untuk kekurangan kita di barang milik daerah tentang aset,” katanya.

Siahay mengatakan meski sudah dibentuk tim, tapi di masing – masing SKPD wajib, kepala SKPD sebagai penangung jawabnya, kemudian pengurus barang harus ada di sana, “saya minta nanti juga sekretaris SKPD dan bendahara juga harus ikut dalam supaya koordinasi kita akan cepat. Semua pihak harus karena mereka tahu apa yang mereka miliki, mereka juga sangat mengetahui apa yang mereka belanjakan,” tegasnya.

Maka dari itu, ia mengharapkan agar sebelum 2015 berakhir hal itu sudah beres karena itu bagian dari menyajikan laporan keuangan berbasis akrual. “Kita akan berikan nilai, sekarang ini dia punya penyusutan sampai dimana,” ujarnya.

Sebelumnya, Wali Kota Jayapura, Benhur Tommy Mano dalam pelatihan tenaga sensus aset mengatakan pengelolaan barang milik daerah (BMD) atau aset adalah salah unsur penting dan bagian integral dari Pengelolaan Keuangan Daerah, untuk itu perlu dikelola secara baik, tertib dan sistematis.

Pengelolaan Barang Milik Daerah adalah proses yang dimulai dari perencanaan sampai dengan pelaporan. Oleh karena itu Pemerintah Daerah dituntut untuk mengelola Barang Milik Daerah secara efektif dan efisien sehingga dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

“Inti dari kegiatan penatausahaan barang milik daerah adalah Inventarisasi barang milik daerah yang dilakukan paling sedikit satu kali setahun.Hasil Inventarisasi yang dilakukan setiap tahunnya itulah yang menjadi Buku Inventaris yang menujukkan seluruh Barang Milik Daerah yang berada dalam penguasaan Pemerintah Agar data Barang Milik Daerah selalu Up to date maka tahun sekali perlu dilakukan sensus,”ujarnya.

Dikatakan Pemerintah Kota Jayapura terus berupaya melakukan perbaikan antara lain dengan melakukan sensus atas seluruh Barang/Aset Milik Pemerintah Kota Jayapura yang meliputi KIB A(Tanah),KIB B (Peralatan dan mesin),KIB C (Gedung dan Bangunan), KIB D (Jalan, Irigasi dan Jaringan), KIB E (Aset Tetap Lainnya), KIB F (Kontruksi Dalam Pengerjaan).

“Dari hasil sensus ini diharapkan Pemerintah Kota Jayapura memiliki data berang/Aset yang valid sehingga dapat memberikan informasi yang wajar dan memadai atas barang milik daerah sekaligus meningkatkan kualitas Laporan Keuangan Daerah Pemerintah Kota Jayapura,” ujarnya. (Sindung Sukoco)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemkot Jayapura Mulai Mendata Aset Daerah