Penyandang Disablitas Harus Diberdayakan

share on:

Jayapura, Jubi – Penyandang distabilitas diharapkan bisa diberdayakan dan diterima di setiap lapangan kerja. Menurut Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kota Jayapura, Irawadi semua pihak seharusnya tidak menutup diri terhadap mereka.

“Pekerjaan lain di swasta, misalnya, atau BUMN, BUMD juga tidak boleh menutup pintu untuk mereka, sebab mereka punya hak untuk mendapat pekerjaan yang layak,” kata Irawadi di Kota Jayapura, Senin (31/8/2015) siang.

Lanjut Irawadi, pihaknya belum tahu secara pasti apa yang mendasari sehingga keterlibatan penyandang cacat belum dilibatkan pada berbagai pekerjaan. Namun diperkirakan hal itu terjadi karena belum ada pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan mereka.

Disebutkan Irawadi, Pemerintah Kota Jayapura telah mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) bagi penyandang viabilitas, tentang penyediaan fasilitas khusus bagi mereka.

“Di dalamnya itu pemerintah dan pihak luar atau swasta wajib menyediakan fasilitas untuk mendukung aktifitas mereka. Jadi, dengan adanya Perda tersebut, tentu pemerintah akan menyiapkan hal – hal yang mungkin kala prioritas,” katanya.

Sebelumnya, Ketua DPC Persatuan Penyandang Cacad Indonesia, Robby Nyong meminta pemerintah daerah harus dan wajib melindungi penyandang disabilitas dengan menghentikan diskriminasi dan dipenuhi hak-haknya. Secara tegas meminta jangan hanya dijadikan proyek saja.

“Kita punya hak hidup yang sama dan mempunyai hak untuk memiliki yang harus diperhatikan dan satu lagi hak mendapatkan pendidikan tinggi di universitas sebab tidak adanya struktur dosen pembimbing khusus dan itu tidak terjadi di Papua,” ujarnya. (Sindung Sukoco)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Penyandang Disablitas Harus Diberdayakan