Pekan Ini 14 Kampung Terima Dana Desa

share on:

Jayapura, Jubi – Sebanyak empat belas kampung di Kota Jayapura bakal menerima dana desa pada pekan ini.

“Pokoknya diantaranya 14 kampung yang telah kami verifikasi dan lolos. Dalam minggu ini kita cairkan dan mereka bisa eksekusi di lapangan,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Kampung (BPMPK) Kota Jayapura, Daniel Mano kepada Jubi di Kota Jayapura, Senin (31/8/2015).

Mano mengatakan, pihaknya terlambat mencairkan dana desa demi sebuah pengawasan yang menyeluruh sehingga tidak ada dana yang cair tanpa perencanaan yang matang

“Maksud kami agar dengan perbaikan dan verifikasi ini mereka taat azas dan aturan perencanaan supaya dana ini benar-benar bisa dipertanggungjawabkan, karena dana ini mendapat pengawasan dari semua pihak seperti KPK dan beberapa lembaga pengawas lainnya. Kami tidak mau hanya karena itu kita masuk bui,” ujarnya.

Dalam pencairannya nanti, akan diserahkan secara langsung kepada kepala kampung setelah dinyatakan lolos dari verifikasi satuan kerja BPMPK Kota Jayapura.

“Saat ini yang bisa dinyatakan lolos baru 8 kampung, sebenarnya semua sudah OK karena berkas-berkas kekurangan verifikasi belum ada akibat belum adanya tanda tangan kepala kampung atau Bamuskam. Kami optimis semua kampung bisa menerimanya,” tambahnya.

Oleh sebab itu, Mano mengemukakan pembuatan petunjuk jenis dan tim asistensi Pemerintah Kota Jayapura terhadap dana desa ini dirasakan mutlak dan sangat membantu pelaporan pertanggungjawabannya.

“Iya, memang sudah ada di rekening kampung, tetapi itu menunggu hasil verifikasi yang dilakukan Satker BPMPK di Anggaran Belanja Pendapatan Kampung (APBK),” tegasnya.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Kota Jayapura, Adolf Siahay membantah masih belum cairnya dana desa tahap satu sebesar 40 persen di Kota Jayapura.

“Tahap satu itu sudah dicairkan satu minggu yang lalu tetapi masing – masing kampung itu dia punya Anggaran Pendapatan Belanja Kampung (APBK) itu masih diverifikasi. Nanti setelah diverifikasi, dananya bisa dimanfaatkan. Jadi sudah di rekening masing – masing, hanya belum bisa dimanfaatkan,” ujar Adolf Siahay kepada Jubi, Jumat (28/8/2015). (Sindung Sukoco)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pekan Ini 14 Kampung Terima Dana Desa