Polres Manokwari Amankan Lima Ton BBM Ilegal

share on:

Manokwari, Jubi/Antara – Kepolisian Resor Manokwari, Papua Barat, mengamankan sebanyak lima ton bahan bakar minyak (BBM) yang diduga ilegal di Pelabuhan Anggrem Kelurahan Padani, Distrik Manokwari Barat.

Kepala Satuan Reskrim Polres Manokwari AKP Tommy Pontororing di Manokwari, Minggu, mengatakan penangkapan 1.500 liter solar dan 3.500 liter bensin yang total lima ton itu berdasarkan informasi yang diterima kepolisian dari masyarakat setempat.

Saat ditemukan polisi, katanya, pemilik berinisial LM tidak dapat menunjukkan dokumen resmi BBM tersebut sehingga disita guna penyelidikan dan proses hukum lebih lanjut.

Dia menjelaskan, penyidik Polres Manokwari sudah menyita BBM bersama kapal sebagai barang bukti guna proses penyelidikan selanjutnya.

Penyidik juga sudah mengamankan pemilik dan sedang menjalani pemeriksaan guna proses hukum lebih lanjut sesuai ketentuan undang-undang nomor 22 tahun 2001 tentang migas.

Ia menyampaikan, bensin sebanyak 3.500 liter tersebut rencananya disalurkan ke Kabupaten Teluk Wondama untuk dijual namun pelaku tidak mempunyai izin usaha niaga.

Sedangkan solar sebanyak 1.500 liter rencananya disalurkan ke Kabupaten Teluk Wondama untuk kebutuhan PLTD namun pembelian solar tersebut menggunakan dana pribadi bukan dana badan usaha dan hal itu menyalahi aturan.

Dia mengatakan, penyidik Polres Manokwari sedang mendalami pembelian solar untuk kebutuhan PLTD Kabupaten Teluk Wondama karena selain melanggar undang-undang nomor 22 tahun 2001 tentang migas, tetapi juga diduga melanggar undang-undang nomor 8 tahun 2010 tentang pencucian uang. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Polres Manokwari Amankan Lima Ton BBM Ilegal