Lagi, Puluhan Warga Mimika Datangi Kantor Gubernur

share on:
Koalisi Masyarakat Kabupaten Mimika Saat Datangi Kantor Gubernur - Jubi/Alex
Koalisi Masyarakat Kabupaten Mimika Saat Datangi Kantor Gubernur – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Sedikitnya puluhan warga kembali mendatangi Kantor Gubernur Papua. Kali ini Koalisi Masyarakat Kabupaten Mimika mendesak bupati setempat dan gubernur untuk segera melantik anggota legislatif terpilih berdasarkan SK KPU Nomor 16a/Kpts/KPU-MMK/031.434172/2014.

Anton Bukaleng, Koordinator Aksi Koalisi Masyarakat Kabupaten Mimika, di Jayapura, Rabu (2/9/2015) mengatakan berdasarkan SK 16a tertanggal 29 April 2014 tersebut, bupati dan gubernur didesak untuk segera mengeluarkan rekomendasi dan penetapannya.

“Aksi kami juga ingin menunjukkan, empat SK yang ditetapkan KPUD Kabupaten Mimika yaitu SK 17, 18, 20 dan 21 adalah ilegal dan cacat hukum,” ucapnya.

Sebelumnya, 35 anggota DPRD terpilih Kabupaten Mimika mendatangi Kantor Gubernur Papua, Senin (3/8/2015) untuk meminta kejelasan kepada pemerintah provinsi Papua dalam hal ini gubernur. Dimana mereka mendesak agar pelantikan dilakukan di Jayapura, tidak di Timika.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Adam Arisoy, mengatakan perihal SK 16a dan 17 ini menyebabkan pelantikan anggota DPRD Kabupaten Mimika belum dapat dilaksanakan.

“Untuk itu, rencananya KPU, Gubernur Papua, Bupati dan KPUD Kabupaten Mimika akan menggelar rapat untuk membahas persoalan ini,” kata Adam.

Pasalnya, jika pemerintah dan KPU menggunakan SK 17 maka tinggal menentukan kapan waktu pelantikan anggota DPRD Kabupaten Mimika terpilih, namun jika menggunakan SK 16a maka akan dilaksanakan pleno ulang. “Nanti kita lihat hasil dari pertemuan antara KPU, Gubernur dan KPUD Mimika,” ucapnya. (Alexander Loen)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Lagi, Puluhan Warga Mimika Datangi Kantor Gubernur