Selandia Baru Menunda Bantuan Untuk Nauru

share on:
Murray McCully - RNZ
Murray McCully – RNZSelandi

Jayapura, Jubi – Menteri Luar Negeri Selandia Baru, Murray McCully, mengatakan ia telah menghentikan bantuan negara untuk sektor peradilan Nauru karena kekhawatiran yang sedang berlangsung tentang pelanggaran hak-hak sipil.

Selandia Baru telah memberikan Nauru US $ 760.000 per tahun, dan dibayarkan setiap triwulan.

Murray McCully mengatakan ada beberapa insiden yang telah menyebabkan dia perhatian, termasuk penghapusan anggota senior kehakiman, dan suspensi terhadap anggota parlemen oposisi di negara itu.

Ada juga kritik dari undang-undang baru yang membatasi kebebasan berekspresi dan berkumpul, serta pembatasan akses internet dan media sosial.

Dia mengatakan sebelumnya ia bertemu dengan Menteri Kehakiman, David Adeang, dan menteri lainnya dari Nauru dan menerima jaminan bahwa mereka bermaksud memperbaiki masalah dan mengembalikan kepercayaan internasional.

“Kami sepakat untuk maju dengan pendanaan atas dasar itu. Sekarang, saya sudah mengingatkan mereka tentang kesepakatan yang telah kami tandatangani bersama pada waktu itu, saya telah tegaskan bahwa beberapa tindakan yang telah terjadi baru-baru ini kita anggap sebagai hal-hala yang tidak sesuai dengan kesepakatan,” kata Murray McCully seperti dilaporkan Radio New Zealand, Kamis (3/9/2015).

McCully mengatakan ada berbagai hal lain mengenai hak asasi manusia dan operasi umum sistem peradilan yang telah menyebabkan keprihatinan pemerintah Selandia Baru.

“Saya telah menjelaskan bahwa kita sangat enggan mengambil dana kami untuk dibawa pergi, kami enggan bahkan ke tempat itu ditahan. Tapi di mana sistem pendanaan kita pada dasarnya adalah bagian dari masalah bukan bagian dari solusi, kita tidak punya banyak pilihan.”

Dia mengatakan bola sekarang di pengadilan Nauru dan ia akan terus bekerja dengan pemerintah untuk mencapai titik di mana dana tersebut dapat dilanjutkan. (Yuliana Lantipo)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Selandia Baru Menunda Bantuan Untuk Nauru