BBPOM Ajar Warga Kenal Keamanan Pangan Desa

share on:

Jayapura, Jubi/Antara – Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Jayapura, Papua, mengajari warga desa untuk mengenali keamanan pangan di desanya.

“BBPOM Jayapura berupaya agar warga desa paham bagaimana mengenal keamanan pangan untuk komunitas desanya. Kita mengundang komunitas warga desa seperti komunitas pemuda, ibu rumah tangga, dan gereja,” kata Kepala Seksi Layanan Informasi Konsumen BBPOM Jayapura, Haristyawati Handayani, di Jayapura, Jumat (4/9/2015).

Dia mengatakan BBPOM mengundang masing-masing perwakilan komunitas desa untuk mengajarkan mereka bagaimana mengenali keamanan pangan.

“Kita mengundang masing-masing perwakilan itu untuk mengikuti bimbingan teknis (bimtek) kader pengamanan pangan,” katanya.

Masing-masing perwakilan komunitas ditunjuk oleh warga desanya dan mereka dianggap mampu mentransfer/menyalurkan ilmu yang didapat kepada masyarakat.

Masing-masing desa menunjuk lima kader untuk mengikuti bimtek pengamanan pangan desa. Mereka adalah kader PKK, karang taruna, dan tenaga guru.

“Setelah mengikuti bimtek, para kader ini yang akan menjadi kader untuk desanya sekaligus mengawasi keamanan pangan di daerahnya,” ucap Handayani.

Para kader itu juga secara tidak langsung menjadi perpanjangan tangan dari BPPOM Jayapura untuk mengajarkan keamanan pangan di desanya.

“Kami lakukan hal ini karena kita tahu bahwa banyak kejadian luar biasa terkait pangan seperti keracunan makanan dan lain sebagainya,” katanya.

Selain kader, kata dia, BBPOM Jayapura juga melibatkan lintas sektor baik di tingkat Kabupaten maupun tingkat Provinsi Papua.

Dia menambahkan, Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Jayapura, memulai program pengenalan keamanan pangan desa sejak 2014. (*)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  BBPOM Ajar Warga Kenal Keamanan Pangan Desa