Bina Marga: Paket Belum Lelang Rp 400 Miliar, Bisa Dialihkan ke Papua

share on:

Jakarta, Jubi/Antara – Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Hediyanto, mengatakan masih ada 67 paket yang belum terlelang senilai Rp 400 miliar yang dapat dialokasikan ke proyek lainnya.

“Ternyata masih ada yang belum lelang Rp 400 miliar. Ini uangnya harus kita ambil dari rencana itu untuk kita jadikan ke paket lain saja,” katanya, di sela-sela Rapat Kerja Kementerian PUPR 2015 yang membahas tema “Percepatan Pelaksanaan Anggaran Tahun Anggaran 2015 dan Persiapan Pelaksanaan Anggaran Tahun Anggaran 2016”, di Ruang Serbaguna Kementerian PUPR, Jakarta, Kamis (3/9/2015).

Ia mengatakan paket-paket yang belum terlelang tersebut adalah paket-paket pembangunan yang masih terkendala antara lain karena desain yang belum selesai, kendala dengan hutan lindung, atau permasalahan tanah.

“Jadi, ada Rp 400 miliar ini nilainya kira-kira satu persen. Kalau Bina Marga satu persen itu Rp 400 miliar. Walaupun satu persen, besar artinya,” ucapnya.

Maka dari itu, ia mengatakan nilai dari proyek itu dapat dipindahkan ke paket lainnya yang memerlukan dana lebih banyak sementara paket tersebut belum bisa jalan karena lelangnya belum mulai.

“Kalau saya bisa pindahkan ke paket lain bisa sampai 100 persen, proyek multiyears misalnya proyek jembatan yang multiyears bisa menyerap lebih banyak,” katanya.

Ia mengatakan nilai paket lelang itu dapat dialihkan untuk menstimulasi proyek lainnya seperti proyek pembangunan jembatan atau pembuatan jalan baru di Papua. (*)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Bina Marga: Paket Belum Lelang Rp 400 Miliar, Bisa Dialihkan ke Papua